Job Fair di Depok Bakal Libatkan 40 Perusahaan

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kembali mengadakan bursa kerja di tahun 2018. Dalam bursa kerja yang digelar di D’mall pada 12-13 Desember 2018, Disnaker melibatkan 40 perusahaan yang membuka banyak lowongan untuk lulusan SMA sederajat.

“Perusahaan yang ikut dalam bursa kerja ini merupakan perusahaan swasta, tidak ada perusahaan BUMN yang membuka lowongan kerja. Sebab, kebanyakan perusahaan yang mengikuti bursa kerja ini formasinya banyak menyerap lulusan SMA sederajat,” ujar Kepala Disnaker Kota Depok, Diah Sadiah.

Pelaksanaan bursa kerja, menurutnya, merupakan upaya Disnaker dalam mengurangi angka pengangguran tingkat lulusan SMA sederajat. pihaknya mencatat, pada tahun 2017, di Kota Depok terdapat 72.521 orang menganggur, dan dari jumlah tersebut sekitar 30 persennya merupakan lulusan SMA.

Ditambahkan Diah, pelaksanaan bursa kerja ini gratis tidak dipungut biaya, dan Disnaker juga menyiapkan pembuatan AK1 (kartu kuning) secara gratis bagi para pencari kerja.

“Kami menargetkan dalam jangka waktu dua hari pelamar yang dapat mencapai ribuan. Sebab, lowongan yang tersedia dari masing-masing perusahaan banyak sekali,” tuturnya.

Dirinya menjelaskan, bagi pelamar yang ingin hadir harus membawa surat lamaran lengkap disertai riwayat hidup (CV), salinan ijazah terakhir, fotokopi KTP, pas foto ukuran 4Ă—6. Bagi yang baru lulus bisa ikut melamar kerja, walau belum ada ijazah. Pelamar, kata Diah, bisa melampirkan fotokopi surat keterangan lulus dari sekolah asal.

“Kami harapkan semua pelamar yang hadir di bursa kali ini, terserap sesuai dengan kemampuan dan posisi yang diharapkan,” tandasnya. (kom/red)

Komentar Anda

comments