Kota Tangerang Berpeluang Sabet Penghargaan Adipura Kencana 

Palapanews.com- Kota Tangerang kembali berpeluang mempertahakan supremasi tertinggi Adipura Kencana yang merupakan penghargaan di bidang lingkungan hidup tingkat nasional untuk ke 3 kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah yang didampingi sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Tangerang secara langsung menyampaikan paparannya pada acara penilaian pelaksanaan program Adipura Kencana periode tahun 2017 – 2018.

Acara penilaian tersebut dipimpin oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati dan dihadiri sejumlah anggota Dewan Pertimbangan Adipura.

Arief menyampaikan, sejumlah program Pemkot Tangerang dalam mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang indah, bersih, dan asri melalui pemberdayaan kampung – kampung menjadi kampung tematik.

“Bagaimana kampung yang ada di Kota Tangerang bisa lebih ditingkatkan untuk semakin menarik wisatawan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya,” terang Arief di
Ruang Rapat Grand Mutiara, Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (4/12).

Arief menjelaskan, program pemberdayaan wilayah mengharuskan setiap OPD di Pemkot Tangerang untuk membuat suatu program kerja yang bisa mengakomodasi kebutuhan kampung tematik yang dihimpun melalui program Kampung Kita.

Dirinya menargetkan dalam 3 tahun ke depan, setiap RW akan didampingi oleh OPD Pemkot Tangerang dan tidak diperkenankan membuat kegiatan di level kecamatan maupun kota.

“Mulai 2019, OPD harus mengadakan kegiatan di tingkat RW karena harus melakukan pendampingan. Untuk menjalankan program Kampung Kita yang akan dilaksanakan di tiap RW,” terang Arief.

“Misalnya DLH harus mendampingi untuk program kampung iklim bebas banjir di RW yang didampinginya,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati menyampaikan, apresiasinya atas upaya yang telah ditempuh oleh Pemkot Tangerang dalam membuat sebuah kota yang bersih dan layak untuk dihuni oleh warga masyarakatnya.

“Apa yang sudah dilakukan Kota Tangerang sudah luar biasa dan semoga hasilnya bisa maksimal,” pungkas Vivien yang disambut tepuk tangan dari anggota Dewan Pertimbangan Adipura Kencana.

Sebagai informasi, pemaparan Walikota terkait penilaian pelaksanaan program Adipura Kencana periode tahun 2017 – 2018 merupakan tahap akhir dari rangkaian penilaian, setelah sebelumnya berhasil lolos penilaian ke 1 pada bulan november 2017 dan penilaian ke 2 bulan di April 2018.

Sebelumnya, Kota Tangerang telah berhasil meraih gelar Adipura Kencana sebagai kota terbersih se Indonesia untuk kategori Kota Metropolitan pada tahun 2014 dan 2017.(ydh)

Komentar Anda

comments