Toko Retail Tradisional Masih Jadi Favorit Tempat Belanja

Palapanews.com- Industri retail, khususnya retail tradisional masih memiliki ruang untuk terus bertumbuh. Hingga kini toko tradisional masih menjadi tempat favorit belanja karena faktor lokasi dan kemudahan mendapatkan barang kebutuhan sehari-hari.

Hal itu diungkapkan Agung Pambudhi, Direktur Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Research Institute di sessi diskusi event Pesta Retail Nasional (PRN). Acara digelar PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) Kamis, 22 November 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD.

“Yang juga tidak kalah penting adalah kayanya nilai-nilai sosial dalam hubungan antara retail tradisional dengan para pembeli berlandaskan kepercayaan,” tegas Agung di hadapan puluhan awak media.

Pernyataan Agung diperkuat oleh informasi yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2016 yang menyebutkan bahwa sektor retail memiliki kontribusi 15,24% terhadap total PDB dan menyerap tenaga kerja sebesar 22,4 juta atau 31,81% dari tenaga kerja non pertanian.

Selain itu, distribusi toko retail Indonesia pada tahun 2017 masih didominasi oleh toko tradisional (82,3%). Data ini memperlihatkan masih agresifnya strategi pembukaan toko retail tradisional yang dinilai lebih efektif.

“Kini banyak peretail tradisional maupun UKM yang akhirnya mampu meningkatkan penjualan dan keuntungan mereka karena mendapatkan bantuan dan dukungan dalam hal penerapan sistem retail modern skala terbatas, seperti: penataan barang, kontrol inventaris barang, pencatatan penjualan dan keuangan, serta dukungan sistem IT sederhana,” papar Agung. (bd)

Komentar Anda

comments