Program GSBM Bangun Generasi Cerdas dan Berkarakter

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) terus menggelorakan program Gerakan Sekolah Bersih dan Menyenangkan (GSBM). Program ini untuk menciptakan generasi yang cerdas dan berkarakter serta berdaya saing.

Kepala Dindikbud Kota Tangsel, Taryono mengatakan program GSBM sudah mulai diterapkan di kota berpenduduk 1,5 juta jiwa lebih ini, sejak diluncurkan oleh Wakil Walikota Benyamin Davnie, 29 Oktober 2018 lalu.

Menurutnya ada lima unsur yang harus diterapkan pada GSBM. Antara lain, memanfaatkan setiap ruang kosong seperti halaman, tembok pagar, teras untuk penghijauan agar terwujud sekolah yang rindang dan asri.

Melakukan berbagai upaya perlindungan terhadap anak dari rokok, narkoba, radikalisme, penyalahgunaan HP dan tindak kekerasan baik fisik, psikologis, seksual, dan pengabaian.

“Di sekolah terdapat unit kesehatan sekolah (UKS), Unit Bimbingan Konseling (UBK) dan Unit Perlindungan Anak (UPA),” jelasnya.

Program GSBM bangun generasi cerdas dan berkarakter. Foto: Nad

Selain itu, mengurangi produksi sampah setiap hari dengan membawa bekal makan dan minum dari rumah. Semua personil sekolah operasi bersih 15 menit setiap hari dan siswa tidak mendapatkan tugas pekerjaan rumah (PR) pada akhir pekan.

“Untuk itu, kami senantiasa mengajak kepada semua pihak berbuat nyata melestarikan lingkungan sekolah demi terwujudnya Sekolah yang bersih dan hijau. Salah satu strateginya adalah dengan Program GSBM yang bertujuan untuk mendorong sekolah dan semua pihak mewujudkan sekolah bersih dan menyenangkan,” jelasnya.

Sementara, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie menyikapi perkembangan peradaban zaman yang semakin maju, anak bukan hanya cerdas secara otak tapi harus cerdas secara perilaku dan karakter. Kecerdasan karakter itu diperoleh dari budaya, jadi kita tidak boleh lepas dari kebudayaan kita.

“Targetnya bagaimana kita menciptakan sekolah sebagai rumah kedua yang bersih dan menyenangkan. Supaya terjadi interaksi yang kita harapkan bukan hanya cerdas secara otak tapi juga berkarakter,” bebernya.

Menurut Wakil Walikota, program GSBM ini sangat sesuai dengan visi misi Kota Tangsel. Pada misi pertama yaitu menciptakan sumber daya manusia yang handal dan berdaya saing.

“Melalui pendidikan lingkungan maka guru akan lebih inovatif dan kreatif, sedangkan murid akan lebih peduli, mampu mengartikulasikan pendapat, mampu berpikir secara terintegrasi dan prestasinya akan meningkat. Kompetensi yang disebutkan di atas merupakan sebagian dari karakter yang patut dikembangkan untuk menjadi warga masyarakat yang baik,” jelasnya. (adv)

Komentar Anda

comments