7 Anak Muda Terima SATU Indonesia Awards

Palapanews.com- Ada yang berbeda pada malam penghargaan 9th SATU Indonesia Awards 2018 ini. Penyerahan apresiasi kepada 7 anak muda kreatif ini untuk pertama kalinya diadakan pada malam puncak IdeaFest 2018, Sabtu (27/10/2018) malam.

IdeaFest 2018, yang merupakan sebuah festival kreatif tahunan dalam mempertemukan profil-profil kreatif muda lintas industri, secara resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 26 Oktober 2018 di Jakarta Convention Center, Senayan.

“Banyak lompatan-lompatan yang dikelola anak-anak muda generasi milenial. Mereka inilah yang menggerakkan Indonesia ke depan,” tutur Presiden Joko Widodo dalam sambutannya sebelum membuka IdeaFest 2018.

Sejalan dengan harapan Presiden Joko Widodo tersebut, pada malam ini 7 anak muda yang berkontribusi dalam memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya menerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2018 yang diinisiasi oleh PT Astra International Tbk dalam rangka memperingati 90 tahun Sumpah Pemuda pada 28 Oktober.

“Astra menginisiasi program SATU Indonesia Awards karena kami percaya masa depan bangsa ini terletak di pundak anak muda Indonesia. Mereka inilah penggerak Indonesia ke depan. Tahun ini Astra berkolaborasi dengan IdeaFest 2018 agar lebih banyak lagi dapat menginspirasi anak muda Indonesia, sehingga semakin banyak mereka membuat perubahan positif demi kemajuan bangsa,” ujar Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto dalam sambutannya pada malam ini (27/10).

Ketujuh penerima SATU Indonesia Awards 2018 ini adalah Nordianto (Kesehatan– Kalimantan Barat) dengan program edukasi kesehatan terhadap remaja usia sekolah, Surya Dharma (Pendidikan – Sulawesi Tengah) dengan program tuntas belajar 12 tahun, Mohamad Hanif Wicaksono (Lingkungan – Kalimantan Selatan) dengan program konservasi tanaman buah asli Kalimantan dan Franly Aprilano Oley (Lingkungan – Kalimantan Timur) dengan program pengelolaan karst. Selain itu ada Narman (Kewirausahaan – Banten) dengan program promosi dan penjualan kerajinan khas baduy, Azza Aprisaufa (Teknologi – Aceh) dengan program penyediaan kebutuhan masyarakat melalui aplikasi saufacenter.com serta Meidy Fitranto & Faris Rahman (Kelompok – DKI Jakarta) dengan program pendirian perusahaan bernama Nodeflux untuk menyediakan teknologi berbasis intelligent video analytics dengan deep learning dan computer vision.

Kini terdapat 53 orang penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tingkat nasional dan 192 orang penerima apresiasi tingkat provinsi yang telah berkarya dalam berbagai kategori Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Teknologi dan Kelompok. Tahun ini Astra memberikan bantuan dana kegiatan masing-masing senilai Rp60 juta dan pembinaan kegiatan kepada para penerima apresiasi. Pada tahun ini, jumlah pendaftar program SATU Indonesia Awards 2018 mencapai 5.961 orang, melonjak 84,3% dibandingkan jumlah pendaftar tahun 2017 sebanyak 3.234 orang.

Light of Hope for Indonesia: Inspiring Community, Empowering Change

IdeaFest 2018 menghadirkan 102 sesi yang diisi oleh 230 profil inspirarif dari dalam dan luar negeri. Salah satu anak muda kreatif dan inspiratif adalah Amilia Agustin (Ratu Sampah Sekolah, Bandung, Jawa Barat) dan penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2014, yakni Irwan Bajang (Si Penular Virus Menulis, Sleman, Jawa Tengah) didampingi Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto yang juga sebagai juri SATU Indonesia Awards 2018 dengan moderator Dian Sastrowardoyo dalam sesi Light of Hope for Indonesia: Inspiring Community, Empower Change yang dihadiri oleh sekitar 300 anak muda pada 26 Oktober.

Acara puncak penganugerahan 9th SATU Indonesia Awards 2018 turut dimeriahkan oleh Tulus, Gigi dan Gloria Jessica. Bagi pengunjung IdeaFest juga disediakan doorprize berupa sepeda motor Honda dan berbagai hadiah menarik senilai ratusan juta rupiah. (red)

Komentar Anda

comments