BPBD Gelar Simulasi Gempa Bumi di Gedung Pemkot Tangerang

Palapanews.com- Ratusan pegawai di lingkungan Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang, Jumat (19/10/2018) dikagetkan dengan bunyi sirine menyusul goncangan yang mulai berasa di gedung berlantai 5 tersebut. Para pegawai pun panik mencari tempat berlindung yang aman.

Tak terkecuali Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah yang sedang memimpin rapat dengan seluruh kepala dinas di ruang Rapat Walikota. Tak ayal, kondisi ini membuat seluruh peserta rapat berlindung di bawah meja sambil meletakkan tangan di atas bagian kepala serta leher.

Satu menit berjalan, saat situasi sudah dinyatakan aman, petugas keamanan mengarahkan Walikota beserta kepala dinas untuk bergegas turun dan berkumpul di titik kumpul. Begitu pun dengan para pegawai yang berada di tiap-tiap lantai, mereka bergegas turun dengan melewati jalur evakuasi sesuai arahan petugas. Diantara mereka ada pula yang ikut membantu rekannya yang rentan seperti ibu hamil dan difabel.

Kemudian terdengar suara ledakan akibat konsleting listrik yang memicu terjadinya kebakaran dari lantai lima. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang dan PMI yang tiba di lokasi, langsung sigap mengeluarkan peralatan untuk memadamkan api ditambah gedung Pemkot Tangerang yang memang sudah dilengkapi peralatan memadai, sehingga siap dengan bencana yang mungkin terjadi, membuat evakuasi dan penyelamatan pegawai yang masih terjebak di dalam gedung dapat berjalan dengan cepat dan tepat.

Simulasi penanganan gempa di Gedung Pemkot Tangerang. Foto: Ydh

Ternyata ini semua adalah simulasi bencana yang dilakukan oleh BPBD Kota Tangerang bersama dengan PMI Kota Tangerang. Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, simulasi ini bertujuan untuk mengedukasi pegawai-pegawai dalam mengantisipasi bencana khususnya gempa bumi dan kebakaran.

“Pemerintah Kota Tangerang mencoba menggelar simulasi bencana, yang mana diikuti seluruh pegawai dan pejabat Pemkot Tangerang. Jadi kita pemerintah bisa mengantisipasi bila terjadi gempa kebakaran atau bencana lainnya. Kita bisa persiapkan apabila wilayah Kota Tangerang terdampak bencana yang cukup besar, sekarang evakuasi sifatnya, nanti kedepan gimana tata kelola pemerintah tetap bisa berjalan sehingga masyarakat bisa terus dapat pelayanan dari kita,” kata Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Sebelum melakukan simulasi ini, Arief mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD, PMI, aparat keamanan, dan unsur lain sehingga simulasi ini tampak seperti kejadian yang sebenernya.

“Terima kasih buat semua pihak yang terlibat seperti BPBD Kota Tangerang, PMI, dan unsur lain. Dengan kerjasama ini semoga masyarakat bisa terus belajar bagaimana sigap terhadap bencana.Namanya musibah kita gak ada yang tau, tapi tidak perlu khawatir yang penting kita sudah punya pengetahuan untuk mengantisipasinya,” tambah Arief.

Ia juga tak lupa mengingatkan masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan informasi-informasi bencana hoax yang sifatnya menimbulkan keresahan dan kerawanan ditengah-tengah masyarakat.

Walikota dan jajarannya berlindung di kolong meja saat terjadi gempa pada simulasi di gedung Pemkot Tangerang. Foto: Ydh

“Makanya kita terus berkoordinasi juga dengan BMKG, jangan asal share tapi di cross check juga sumbernya,” tegas Arief.

Kesiapan dan kesigapan petugas BPBD dan PMI yang terlibat juga mendapat apresiasi dari Arief, ia menilai petugas sudah berhasil melakukan tugasnya dan sesuai dengan skenario yang telah dibuat.

“Sebelumnya sudah dilakukan latihan hanya saja sekarang lebih melibatkan pegawai, bahkan informasinya petugas BPBD yang tadi rapling itu terbaik se-Provinsi Banten. Kesigapan ini harus terus terjaga, karena saat terjadi bencana fokusnya bukan hanya satu gedung tapi juga objek-objek vital seperti sekolah, pusat perbelanjaan, dan ruang tempat berkumpul masyarakat,” paparnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiap Siagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tangerang, Bisri menerangkan, ini merupakan salah satu cara untuk memberikan pengetahuan kepada pegawai saat terjadi gempa bumi. Dan, mereka (pegawai) bisa menyalurkannya nanti ke keluarga maupun masyarakat lainnya.

“Jika terjadi gempa jangan panik, cari tempat berlindung yang aman,” pungkas Bisri seraya menambahkan, jika berada di dalam ruangan berlindunglah dibawah meja untuk melindungi bagian kepala,” jelas Bisri. (adv)

Komentar Anda

comments