Menristek Dikti Letakan Batu Pertama Pembangunan GIPTI

Palapanews.com- Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Mohamad Nasir, meletakan batu pertama pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan Teknologi Inovasi (GIPTI) di kawasan BSD City, Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

Peletakan batu pertama itu dihadiri Menristek Dikti Mohamad Nasir, Kepala Puspiptek Sri Setiawati, dan CEO Strategic Land Sinar Mas Land Christopher Siswanto Adisaputro.

“GIPTI merupakan proyek kolaborasi Puspiptek dan Sinar Mas Land yang telah digagas sejak tahun 1980-an, dalam membangun kawasan technopolis. Dan saat ini kita hidupkan kembali konsep tersebut,” ujar Mohamad Nasir di lokasi groundbreaking BSD City, Kamis 4 Oktober 2018.

Menristek menjelaskan, konsep technopolis tersebut tidak hanya fokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan iptek.

“Juga sebagai pusat pengembangan produk-produk nasional, pusat pertumbuhan kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, pusat informasi iptek, serta pusat pelatihan bagi SDM Industri,” katanya.

CEOĀ Strategic Land Sinar Mas Land Christopher Siswanto Adisaputro mengatakan, pihaknya mendukungĀ pembangunan GIPTI karena bisa memperkaya ekosistem BSD City khususnya di sektor teknologi dan riset.

“Semoga kolaborasi ini dapat semakin mendukung BSD City yang tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city dan juga sedang menggarap proyek kawasan Digital Hub dengan berharap bisa menciptakan peluang bagi pihak lintas sektor,” jelas Siswanto.

Kepala Puspiptek Sri Setiawati mengatakan, GIPTI hadir untuk menjadi show case kemajuan inovasi dan juga teknologi terapan terkini, tempat untuk pemberdayaan dan edukasi masyarakat di bidang IPTEK, dan tempat pemasaran bagi produk-produk UKM dan startup berbasis teknologi.

“GIPTI hadir sebagai showcase kemajuan iptek dan inovasi serta teknologi terapan terkini,” ucap Sri.

Sri menambahkan, pengembangan GIPTI sesuai dengan program pengembangan National Science & Technology Park (N-STP) Puspiptek. “Saat ini, GIPTI dan N-STP Puspiptek didukung oleh ekosistem kawasan BSD City yang tentu akan saling menguatkan satu sama lain,” kata Sri.(rik)

Komentar Anda

comments