Sering Lapar Tengah Malam? Ini Cara Menghindarinya

Palapanews.com- Makan tengah malam adalah kebiasaan buruk yang seharusnya dihentikan. Selain tidak sehat karena picu risiko banyak penyakit kronis, kebiasaan ini juga bisa membuat gemuk apalagi bagi orang yang sedang berdiet. Lalu, bagaimana cara mencegah lapar tengah malam?

Yang harus dilakukan untuk mencegah rasa lapar tengah malam

1. Tidur lebih awal
Suatu studi menunjukan bahwa orang yang suka tidur larut malam atau begadang lebih cenderung merasa sangat kelaparan di tengah malam. Makanya, jangan tunda waktu tidur Anda.

Semakin cepat Anda tidur, semakin sedikit kesempatan bagi Anda untuk pergi ke dapur untuk buka-buka kulkas mencari cemilan. Agar cepat tidur, matikan layar tv dan jauhkan gadget seperti handphone dan laptop menjelang waktu tidur. Anda juga bisa minum susu hangat sebelum tidur agar bisa terlelap lebih nyenyak tanpa terbangun kelaparan.

2. Gosok gigi setelah makan malam
Dilansir dari laman Verywell Fit, orang yang sedang diet biasa mengunyah permen karet mint sebelum tidur untuk mencegah ngidam ngemil setelah makan malam.

Sensasi bersih dan dingin dari mint membuat mereka enggan untuk mengotori kembali mulut mereka dengan makanan lain. Sensasi mint di mulut juga membuat makanan atau minuman yang masuk terasa pahit.

Jika Anda tidak punya perment mint di rumah, ganti dengan cepat-cepat gosok gigi setelah makan malam dengan odol perisa mint atau lainnya yang juga memberikan sensasi segar dan dingin pedas. Plusnya, Anda juga jadi sekalian membersihkan gigi.

3. Pastikan cukup makan di siang hari
Untuk mencegah lapar di tengah malam, Anda tak perlu takut-takut makan di siang hari. Memaksa membatasi asupan kalori sepanjang hari justru membuat Anda gampang lapar tengah malam dan akhirnya jadi makan berlebihan.

Maka itu, penuhi kebutuhan Anda dengan baik saat siang hari, jangan menahan-nahan untuk tidak makan.

4. Makan makanan tinggi protein dan serat waktu makan malam
Protein dan serat adalah sumber zat gizi yang bisa membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga bantu menurunkan kolesterol jahat LDL yang berbahaya bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Maka, penuhi piring makan malam Anda dengan sumber protein hewani (daging ayam/sapi/ikan tanpa lemak, keju, susu, yogurt) atau nabati (tahu, tempe, kedelai, dan kacang-kacangan) dan sumber serat seperti buah dan sayuran segar. Buah pun bisa Anda jadikan camilan sebelum tidur untuk mengganjal perut supaya tidak gampang terbangun karena lapar tengah malam.

5. Cari kesibukan sebelum tidur untuk mencegah lapar di tengah malam
Biasanya, semakin malam semakin sedikit aktivitas yang bisa Anda lakukan. Namun jika kondisi memaksa Anda untuk tidur larut malam, cari kesibukan lain untuk mengalihkan pikiran Anda untuk iseng ngemil. Misalnya, membaca buku atau meditasi. Hal ini akan membantu menjaga pikiran Anda teralihkan dari lapar, dan akhirnya juga membuat Anda tertidur lebih mudah. (hs)

Source

Komentar Anda

comments