Cari Tahu Penyebab Benjolan di Leher

oleh
Ketahui penyebab benjolan di leher. Foto: Hellosehat.com

Palapanews.com- Adanya benjolan di leher mungkin membuat Anda jadi cepat panik. Terlebih jika benjolan ini menyebabkan rasa sakit dan cenderung terus membesar. Bila demikian, Anda tentu ingin segera mencari cara mengobati benjolan di leher agar kembali kempis dan sembuh. Lantas, apa saja pengobatan yang bisa dilakukan? Mari simak ulasan berikut ini.

Apakah benjolan di leher selalu berbahaya?

Munculnya benjolan di leher tentu membuat orang yang mengalaminya panik. Namun, kebanyakan benjolan di leher nyatanya tidak membahayakan kesehatan. Benjolan yang ada di leher bisa berukuran kecil atau membesar, tergantung dari penyebab benjolan di leher itu sendiri. Namun, sebagian besar benjolan yang muncul di leher tergolong tumor jinak alias non-kanker.

Kebanyakan kasus benjolan leher disebabkan oleh pembengkakan kelenjar tiroid. Biasanya, benjolannya akan membesar dan membuat Anda sulit menelan atau bernapas. Benjolan di leher juga bisa disebabkan oleh gigitan serangga atau infeksi pilek. Biasanya benjolannya cenderung kecil dan lebih mudah disembuhkan.
Bagaimana cara mendeteksi penyebab benjolan di leher?

Sebelum Anda menentukan cara mengobati benjolan di leher, Anda perlu tahu dulu penyebabnya. Beberapa benjolan leher dapat berpotensi kanker sehingga pengobatannya pun tidak bisa sembarangan.

Itu kenapa Anda sebaiknya tetap pergi ke dokter dulu untuk mendapatkan diagnosis resminya. Deteksi penyakit sangat penting untuk mencegah penyebaran penyakit sebelum semakin parah.

Menurut American Academy of Otolaryngology, kanker kepala dan leher yang bermula dari benjolan dapat lebih mudah disembuhkan. Namun dengan catatan, penyakit tersebut sudah terdeteksi lebih awal dan segera ditangani, seperti dilansir dari Healthline.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi benjolan di leher, yaitu:

Tes pencitraan, meliputi USG, radiasi sinar-X, CT scan, MRI, atau PET scan.

Fine-needle Aspiration Cytology (FNAC), yaitu sejenis biopsi dengan memasukkan jarum kecil ke benjolan dan mengambil sampel sel tumor untuk diteliti. (hs)

Source

Komentar Anda

comments