Sinar Pada Smartphone Picu Kerusakan Mata

oleh
Foto: Pixabay.com

Palapanews.com- Mata bisa mengalami beragam masalah karena pola hidup yang tidak baik. Termasuk karena memandang layar smartphone atau gadget terlalu lama. Saat mata mengalami masalah, ini tidak jarang juga berpengaruh pada kesehatan tubuh lainnya. Kepala bisa pusing dan perut mual akibat mata yang bermasalah.

Para ahli mengungkapkan jika sinar biru pada gadget termasuk smartphone yang terpapar secara langsung ke mata bisa membuat mata mengalami masalah.

Melansir dari laman Newsweek, studi yang diterbitkan di jurnal “Scientific Reports” menyebutkan bahwa sinar biru yang dipancarkan dari layar smartphone atau komputer secara terus menerus bisa meningkatkan risiko kebutaan. Sel-sel di mata yang peka terhadap cahaya, bisa mengalami reaksi degenerasi makula. Kornea dan lensa mata juga akan mengalami penurunan performa saat terpapar sinar biru pada smartphone yang berlebihan.

Dr. Ajith Karunarathne dari Universitas Toledo, Amerika Serikat (AS) mengatakan, “Terpapar sinar biru pada gadget bisa merusak kesehatan mata. Paparan cahaya yang terus menerus bisa membuat kornea dan lensa mata tidak berdaya dalam memblokir atau memantulkan risiko bahayanya.”

Degenerasi makula sendiri bisa terjadi akibat kematian sel fotoreseptor di retina. Saat sel ini mata, ini bisa menimbulkan risiko kebutaan. Umumnya, risiko ini akan dirasakan saat usia seseorang mencapai 50 atau 60 tahun. Dan buruknya lagi, jika hal ini terjadi maka ini akan sulit diobati atau diatasi.

Agar terhindar dari risiko mengalami masalah kesehatan mata akibat smartphone atau gadget lainnya, pastikan untuk selalu bijak dalam menggunakan gadget. Hindari menggunakan gadget terlalu lama setiap harinya. Hindari juga menggunakan gadget pada ruangan gelap. Semoga informasi ini bermanfaat. (vem)

Sumber: Vemale.com

Komentar Anda

comments