Kenali Berita Hoax, POKJA WHTR Gelar Workshop Jurnalistik

Palapanews.com- Tangkal berita bohong alias hoax, Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Harian Tangerang Raya (WHTR) adakan Workshop dan Lomba Jurnalistik 2018 di Atrium Utama, Tangcity Mall, Kota Tangerang, Selasa (14/8/2018).

Dengan mengambil tema ‘Peranan Media Massa untuk Menangkal Hoax dan Berkontribusi Dalam Pembangunan Daerah di Era Kebebasan Pers’, penyelenggara acara menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Seperti Syafril Elain dan Adib  selaku wartawan senior, serta Dimas Arif selaku jurnalis Net Tv.

Semua fakta mengenai pencarian berita, bagaimana mengenali berita hoax dan cara menangkalnya, dikupas tuntas dalam workshop tersebut.

“Memang untuk saat ini media sangat bebas sekali, terutama media online, tinggal buka di smartphone langsung bisa lihat dan ngeshare,” tutur Adib.

Makanya, paling sederhana untuk mengenali berita tersebut hoax atau bukan, Adib memberi saran agar pembaca atau penikmat media untuk mengecek terlebih dulu. Terutama mengenali 5W+1H, atau What, Where, When, Who, Why dan How.

“Paling mudah itu di paragraf pertama atau pemulanya lihat dulu ada 5W+1H nya, itu paling mudah,” ujar Adib.

Sementara itu, diungkapkan Ketua Pelaksana kegiatan, Rizky Tariq, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengapresiasi hasil karya teman-teman. Terutama karya video, foto dan tulisan jurnalistik.

“Inikan untuk memperkenalkan profesi media kepada khalayak umum,terutama pelajar dan mahasiswa,” kata Rizky. (ydh)

Komentar Anda

comments