Polresta Tangerang Kembalikan Sisa Dana Pilkada Sebesar Rp1 Miliar

Palapanews.com- Polresta Tangerang mengembalikan sisa dana pengamanan Pilkada Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada Juni 2018. Dana itu dikembalikan ke kas daerah Kabupaten Tangerang.

Pengembalian anggaran yang bersumber dari dana hibah itu secara simbolis diserahkan Kapolresta Tangerang Kombes Sabilul Alif kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Maesyal Rasyid, disaksikan Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo, di Aula Mapolresta Tangerang.

Sabilul menjelaskan, pengembalian sisa anggaran itu karena pada saat pelaksanaan pengamanan, Polresta Tangerang melakukan efisiensi penggunaan anggaran. Efisiensi itu, kata Sabilul, dapat dilakukan karena intensitas gangguan keamanan saat Pilkada Kabupaten Tangerang relatif kecil.

“Dana hibah pengamanan yang kami terima sebesar Rp3.659.800.000. Anggaran itu terserap sebesar Rp2.631.472.000 atau 72 persen. Sehingga masih ada sisa sebesar Rp1.028.328.000 atau 28 persen. Dan itu yang kami kembalikan,” ujar Sabilul saat menyerahkan pengembalian berupa simbolis, Senin 13 Agustus 2018.

Sabilul menambahkan, situasi keamanan saat Pilkada Kabupaten Tangerang cukup stabil. Kondusivitas itu, tidak lepas dari optimalisasi kekuatan pengamanan. Sehingga, lanjutnya, segala potensi kerawanan dapat dieliminir bahkan dihilangkan.

“Terlepas dari pasangan calon yang hanya ada satu, namun pelaksanaan keamanan yang kami lakukan tetap maksimal. Dan kami bersyukur segala tahapan Pilkada dapat dilalui dengan baik,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Sabilul juga mengapresiasi peran serta masyarakat serta semua pihak yang membantu terlaksananya Pilkada dengan damai. Sabilul pun mengajak semua elemen untuk melanjutkan tren positif itu, terutama menyambut Asian Games 2018 dan Pemilu 2019.

Sekda Kabupaten Tangerang, Maesyal Rasyid mengapresiasi langkah Polresta Tangerang. Menurutnya, efisiensi anggaran bukanlah karena ada ketidak-cermatan penyusunan perencanaan. Namun, karena ketelitian dan ketepatgunaan dalam penggunaan.

“Kami mengapresiasi Polresta Tangerang. Dapat mengawal pesta demokrasi kondusif sekaligus mampu melakukan efisiensi anggaran,” kata Maesyal. (rik)

Komentar Anda

comments