Pakai Paspor Meksiko Palsu, Imigrasi Bandara Soetta Amankan WNA Asal Tiongkok

Palapanews.com- Seorang warga negara asing (WNA) berinisial LJC (34) diamankan petugas Imigrasi sesaat setelah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. Pria berkewarganegaraan China itu ketahuan menggunakan paspor palsu masuk ke Indonesia.

“Kemarin pukul 01.30 WIB telah kita tangani WNA mendarat dengan Xianmen Air, itu berkewarganegaraan China. Yang bersangkutan datang ke Indonesia pada dini hari itu dengan menggunakan paspor Meksiko,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandara Soetta Enang Supriyadi, Sabtu (11/8).

Enang mengatakan, blanko paspor Meksiko yang digunakan WNA tersebut menyerupai aslinya. Kepada petugas, WNA tersebut mengaku membeli paspor itu seharga 300 Yuan.

“Sepertinya ini (indikasi awal) blanko paspornya asli. Kemudian mereka melalui sindikat tertentu. Menurut pengakuan sementara dari yang bersangkutan bahwa blanko (paspor) diperoleh di China, (dibeli) melalui online shop dengan harga 300 Yuan,” kata Enang.

Menurut Enang, WNA bermasalah tersebut memanfaatkan waktu dan menunggu petugas lengah. Kebanyakan WNA yang bermasalah umumnya mencari penerbangan malam dan dini hari untuk masuk ke Indonesia.

“Kemungkinan mereka mencari kelengahan petugas, mereka mendarat pada dini hari dimana para petugas mulai lelah. Saat petugas lelah, mereka datang dan mencari momen-momen itu. Disamping itu, mereka juga datang menggunakan penerbangan lowcost (penerbangan murah),” jelasnya.

Enang menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kedutaan China untuk Indonesia di Jakarta. WNA tersebut pun akan segera ditolak dan dipulangkan ke negara asalnya.

“Tadi kami kerjasama dengan kedutaan besar China yang ada di Jakarta. Kemudian biarkanlah ranah hukumnya nanti negara China yang menghukum yang bersangkutan. Malam ini kita akan kembalikan yang bersangkutan ke negara asalnya,” ujar Enang. (rik)

Komentar Anda

comments