Paskhas Gelar Latihan Penanganan Teror di TangerangĀ 

Palapanews.com- Sebanyak 250 personel dari pasukan elite Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara Lanud Halim Perdanakusuma turut berkontribusi mengamankan penyelenggaraan Asian Games 2018.

Langkah-langkah persiapan pengamanan pun terus dilakukan dengan menggelar latihan penanggulangan terorisme di sejumlah titik di kawasan Tangerang.

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb Ali Gusman mengatakan, simulasi ini dilaksanakan dalam rangka menyukseskan Asian Games 2018 dan memelihara stabilitas keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Di tahun 2018 ini ada momen yang kita jadikan sebagai sarana berlatih. Kita akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Asian Games, dan sebagian besar dari peserta akan ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, dan kebetulan wilayah yang menjadi tempat latihan sekarang ini di dekat bandara. Yang artinya, kami menjaga wilayah Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Ali usai latihan di wilayah Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Selasa 7 Agustus 2018.

Menurut Ali, latihan ini untuk menghadapi potensi eskalasi ancaman keamanan yang tinggi selama Asian Games berlangsung.

“Ini seluruhnya melibatkan 250 orang. Latihan ini berupaya keamanan dan kenyaman para tamu Asian Games selama di Jakarta terjaga,” kata Eko.

Latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan Paskhas TNI AU agar memiliki tingkat kecepatan gerak dengan keberhasilan tinggi dalam melaksanakan setiap penindakan yang mengancam.

Materi latihan yang dilakukan, yaitu meliputi rangkaian prosedur hubungan komandan dan staf hingga penyampaian perintah operasi dan latihan lapangan.

Adapun latihan lapangan kali ini meliputi infiltrasi darat dan udara, menembak reaksi, pertempuran jarak dekat, evakuasi, eksfiltrasi, menembak runduk, hingga operasi pembebasan sandera. (rik)

Komentar Anda

comments