Bupati Serang Raih Award Bidang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Palapanews.com- Prestasi yang diraih Bupati Serang perempuan pertama, Ratu Tatu Chasanah terus mengalir, hal ini dibuktikan atas diraihnya penghargaan Paritrana Award di bidang jaminan sosial ketenagakerjaan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (31/7).

Penghargaan pun diberikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto. Penyelenggaraan penghargaan ini diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI bersama BPJS Ketenagakerjaan bagi daerah yang dinilai sukses dalam menjalankan amanah Undang-Undang tentang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Kriteria penghargaan yakni atas regulasi yang mendukung pelaksanaan BPJS Ketenagakerjaan. Terkait ini, Tatu sudah mengeluarkan Peraturan Bupati Serang Nomor 35 Tahun Tahun 2017 dan Surat Edaran Bupati Nomor 560-1900-huk-2017 dan Nomor 560-1901-huk-2017.

Kemudian dari capaian kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dari jumlah angkatan kerja yang ada di Kabupaten Serang, kepatuhan perusahaan dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, dan pelaksanaan Dinas Penanaman Modal dan PTSP yang mensyaratkan kepesertaan dalam memberikan izin usaha.

Penilaian pun cukup ketat karena melibatkan asosiasi pengusaha, serikat pekerja, BPJS Ketenagakerjaan, Badan Pusat Statistik, dan instansi pemerintah.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto mengatakan, penghargaan ini adalah apresiasi kepada pemenang atas kepeduliannya dalam menjalankan amanah undang-undang dalam pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan. Apresiasi yang diberikan berupa Piala Paritrana yang berarti perlindungan dalam bahasa Sansekerta. Piala didesain oleh seniman I Nyoman Nuarta.

“Kami berharap penghargaan ini membangun semangat pemimpin daerah dan perusahaan untuk menjamin warga dan seluruh pekerja mendapatkan perlindungan, khususnya perlindungan paripurna dari BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Agus dalam siaran pers yang diterima Palapanews.

Sementara Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan Serang yang telah terbukti memberikan manfaat jaminan sosial kepada tenaga kerja yang telah banyak memberikan keseriusannya dalam mewujudkan kesejahteraan pekerja di Kabupaten Serang.

“Pemkab Serang terus mendukung program BPJS Ketenagakerjaan yang menjalankan jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan hari tua. Kami akan terus menyosialisasikan kepada pekerja non Formal untuk ikut serta menjadi anggota BPJS ketenagakerjaan,” jelas Tatu. (nad)

Komentar Anda

comments