Makanan yang Tepat untuk Penderita Maag

oleh -
Makanan untuk penderita maag. Foto: Hellosehat.com

Palapanews.com- Maag disebabkan oleh refluks asam lambung, yaitu suatu kondisi yang ditandai dengan naiknya asam lambung ke kerongkongan Anda. Biasanya kondisi ini timbul akibat makan makanan pedas atau makanan yang berminyak, minuman berkafein, dan juga alkohol. Jika hal ini terus terjadi, maka obat-obatan bukan lagi pilihan Anda. Anda harus mengonsumsi beberapa asupan yang baik untuk membantu menenangkan ketidaknyamanan Anda dengan menetralkan asam yang terdapat pada asupan yang baru saja Anda makan. Berikut ini adalah berbagai makanan dan minuman yang baik untuk penderita maag.

1. Nanas dan pepaya

Nanas mengandung bromelain dan pepaya mengandung papain. Kedua zat tersebut dikenal sebagai prostease, yaitu enzim pencernaan yang dapat membantu pemecahan protein. Biasanya tubuh Anda akan menggunakan oepsin untuk mencerna protein, namun enzim ini ternyata sangat efektif dalam lingkungan yang sangat asam, seperti pada perut Anda. Menggabungkan nanas dan pepaya untuk diet Anda dapat membantu untuk meringankan sakit maag dengan memfasilitasi pemecahan protein.

2. Pisang

Pisang adalah buah alami yang memiliki tingkat asam rendah. Ini adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi jika Anda merasakan gejala sakit maag. “Sebuah pisang yang lembek bagus untuk membantu meringankan ketidaknyamanan, karena ia dapat menempel pada lapisan esofagus yang mengalami gangguan dengan membentuk lapisan pelindung,” sahut Gerard E. Mullin, MD, seorang ahli kesehatan pencernaan dan penulis “The Gut Balance Revolution”.

3. Teh jahe

Tumbuhan akar ini adalah obat yang dapat digunakan untuk banyak masalah pencernaan. Cukup mengupas atau memarut jahe sepanjang 3 cm dan memasukannya ke dalam air mendidih merupakan cara jitu untuk membuat ramuan teh pereda nyeri, saran Robynne Chutkan, seorang ahli pencernaan di Washington DC. “Teh jahe merupakan minuman efektif sebagai anti-inflamasi dan pereda asam lambung.”

4. Susu almond

Anda dapat memulai hari Anda dengan masalah lambung yang lebih sedikit, jika Anda mengonsumsi susu almond untuk sarapan. Jika Anda cenderung memiliki refluks asam lambung, susu almond dapat membantu untuk menetralisir makanan asam. Untuk membuat smoothie yang lezat, cobalah campurkan 1 cangkir stroberi, 1 buah pisang beku, satu cangkir susu almond tanpa gula, dan satu cangkir bayam.
5. Oatmeal

Mengonsumsi semangkuk oatmeal tidak hanya melindungi dan menyangga lapisan perut Anda, tapi juga mengisi tubuh Anda dengan serat sehat. Dengan menghindari penggunaan krim kental pada oatmeal, lemak sehat akan melemaskan sfingter esofagus bawah, sehingga dapat mencegah isi lambung naik kembali.

6. Licorice

Meskipun ini tidak terbukti sebagai obat maag, namun beberapa ahli menyarankan untuk mengonsumsi licorice hitam murni, karena ia dapat membantu melapisi lapisan esofagus. Licorice murni bekerja untuk membentuk lapisan pelindung di atas lapisan tenggorokan. Selain itu, tindakan mengunyah membuat Anda mengeluarkan air liur, yang pada akhirnya dapat membantu menyingkirkan asam.

7. Adas

Tumbuhan penyembuh ini merupakan bahan yang dapat dipertimbangakan untuk mengobati maag. Caranya ialah dengan mengonsumsinya dalam bentuk teh. Cukup mencampurkan dua sendok teh biji adas dan madu dalam air mendidih. Kemudian, tempatkan teh tersebut ke dalam wadah besar. Anda dapat memasukkannya ke lemari es dan memanaskannya kembali sewaktu-waktu saat membutuhkannya.

8. Garam beryodium

Tingkat yodium yang rendah dapat mengakibatkan hipotiroid yang sering dikaitkan dengan asam lambung. Jika Anda tidak dapat mengonsumsi garam karena alasan kesehatan, Anda harus mempertimbangkan untuk mengambil suplemen yodium. Kadar natrium yang rendah berkaitan dengan asam lambung, jadi pastikan Anda mengonsumsi setidaknya sedikit garam dalam diet Anda.

9. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya dikenal sebagai agen penyembuhan alami dan juga perawatan maag. Lidah buaya tersedia sebagai tanaman hidup, namun daun atau bentuk cairnya terkadang dijual secara terpisah di toko bahan makanan kesehatan. Lidah buaya dapat digunakan dalam resep sebagai pengental dan penggumpalan cairan.

10. Seledri

Seledri hampir tidak memiliki kalori karena kandungan airnya yang tinggi, dan merupakan pilihan terbaik jika Anda memiliki asam lambung. Selain itu, seledri juga dapat digunakan sebagai penekan nafsu makan dan merupakan sumber serat yang sangat baik. (hs)

Sumber: Hellosehat.com

Komentar Anda

comments