Menu Sarapan Penderita Diabetes, Sehat dan Enak

Palapanews.com- Orang yang punya diabetes harus menjaga dan mengatur asupan makanan mereka setiap hari. Pengidap diabetes juga tidak boleh sengaja melewatkan waktu makan.

Menurut American Diabetic Association, pasien diabetes masih diperbolehkan untuk makan sebanyak 45 sampai 60 gram karbohidrat per porsi makan, termasuk saat sarapan.

Tapi terbatasnya asupan karbohidrat bukan berarti penderita diabetes tidak boleh menikmati sarapan yang lezat. Anda masih bisa sarapan sehat dan lezat tanpa harus khawatir gula darah naik.

Apa saja menu sarapan untuk penderita diabetes yang mudah dibuat? Salah satunya adalah sandwich rendah karbohidrat. Berikut ini bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • 2 lembar roti gandum
  • 100 gram dada ayam tanpa kulit, bisa diganti daging kalkun
  • Daun selada dan daun seledri secukupnya
  • 1 sendok kacang-kacangan
  • ½ buah alpukat, pisahkan dari kulit dan bijinya
  • 2 sendok mayonaise rendah lemak

Cara membuat:

  1. Pangang roti gandum yang telah dibuang kulitnya terlebih dahulu di atas wajan tanpa diolesi mentega atau apapun pada permukaan roti.
  2. Biarkan roti hingga berwarna kecoklatan, setelah itu angkat dan oles dengan mayonaise secukupnya pada permukaan roti tersebut.
  3. Kemudian racik bahan isi sandwich dengan menjadikan semua bahan-bahan isi tersebut menjadi satu, lalu tambahkan mayonaise beberapa sendok dan aduk hingga rata.
  4. Ambil roti tawar yang sudah di panggang, lapisi roti tawar dengan daun selada dan seledri di atasnya, lalu taruh campuran isi sandwich diatasnya.
  5. Kemudian tutup lagi dengan daun selada. Lalu tambahkan mayonaise di atas selada dan ditutup dengan lapisan roti terakhir. (hs)

Source

Komentar Anda

comments