Pemkot Depok Kerahkan 50 Pesapon Antisipasi Sampah Lebaran

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) bakal mengerahkan 50 petugas pesapon pada hari kedua lebaran. Mereka bakal bekerja bergantian untuk mengantisipasi penumpukan sampah.

“Kami siagakan sedikitnya 50 Satuan Tugas (Satgas) DLHK dan 40 armada truk di hari kedua Lebaran, untuk Lebaran hari pertama libur. Namun, pesapon telah kami kerahkan untuk Operasi Bersih (Opsih) saat malam takbiran, sampai Subuh,” ujar Kepala DLHK Kota Depok, Etty Suryahati, belum lama ini.

Petugas kebersihan, menurut Etty, akan piket secara bergiliran hingga selesai cuti bersama atau H+5 Lebaran. Selanjutnya, jumlah pesapon yang bertugas membersihkan Kota Depok dari sampah, akan normal kembali yaitu sebanyak 1.300 orang.

“Jadi liburnya hanya pas Lebaran saja, sampai H+5 petugas piket bergantian, setelah itu normal kembali,” jelasnya.

Etty menyebutkan, di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, saat hari Lebaran sampah didominasi bungkus makanan dan selongsong petasan.

Namun demikian, pihaknya telah mengantisipasi dengan mengimbau Unit Pengolah Sampah (UPS) di seluruh Kota Depok untuk melakukan pengolahan sampah yang dihasilkan saat Lebaran. Hal ini dinilai perlu untuk menekan produksi sampah yang masuk ke TPA Cipayung.

“Adapun beberapa titik yang menjadi pantauan DLHK Kota Depok di malam takbiran antara lain, pusat perbelanjaan sepanjang Jalan Margonda, Flyover Arif Rahman Hakim, Dewi Sartika, Grand Depok City dan beberapa tempat lainnya,” pungkasnya. (hms/red)

Komentar Anda

comments