Pilihan Olahraga saat Anda Jalani Puasa

oleh -
Ilustrasi.

Palapanews.com- Menjalani puasa Ramadan bukan berarti Anda jadi tidak bisa berolahraga, justru ini kesempatan emas untuk meningkatkan kebugaran sambil berpuasa. Salah satu waktu olahraga yang bisa Anda lakukan adalah setelah sahur. Olahraga setelah sahur tak perlu lama-lama dilakukan, sekitar 15-30 menit Anda bisa membuat tubuh lebih bugar saat puasa. Yuk ketahui apa saja olahraga setelah sahur yang bisa Anda lakukan di bawah ini.

Apa saja olahraga setelah sahur yang bisa dilakukan?

Bagi Anda yang suka olahraga pagi hari, Anda tetap bisa melakukannya meski berpuasa. Namun tentunya dengan intensitas dan jenis olahraga yang berbeda. Meskipun Anda bisa olahraga di pagi hari, tapi harus tetap ingat untuk menyimpan energi sampai waktu berbuka nanti. Di pagi hari setelah sahur biasanya udara juga masih segar, dan matahari belum terlalu panas, sehingga tidak memicu rasa haus jika olahraga di waktu ini.

Olahraga setelah sahur yang bisa dilakukan dan memiliki intensitas yang ringan, seperti:

  • Jalan santai
  • Sit up dan push up
  • Bersepeda santai (kecepatan di bawah 5 meter per jam)
  • Latihan beban ringan
  • Yoga
  • Taichi

Cara lainnya untuk menentukan apakah suatu olahraga termasuk intensitas tingkat apa, dikutip dari Hellosehat.com, Anda bisa melihatnya dari napas, jumlah keringat dan denyut nadi.

Misalnya, olahraga berjalan. Berjalan bisa jadi intensitas ringan atau juga sedang. Ini tergantung dengan kecepatan berjalan yang Anda lakukan. Jika dari hasil jalan-jalan tidak menimbulkan perubahan pada pola pernapasan, tidak menimbulkan keringat yang berarti, Anda masih bisa melakukan percakapan atau sambil nyanyi saat ini, denyut nadi Anda tidak meningkat terlalu kencang. Kalau semua jawabannya ya, olahraga Anda termasuk dalam intensitas ringan.

Manfaat olahraga pagi hari setelah sahur yang sayang untuk dilewatkan

1. Menjadi lebih produktif

Berolahraga di pagi hari membuat tubuh melepaskan hormon endorfin. Tubuh jadi lebih terjaga dan siap beraktivitas. Efek ini membuat tubuh terasa lebih berenergi. Olahraga di pagi hari juga membuat otak lebih jernih dan lebih fokus. Meskipun sedang berpuasa, olahraga pagi yang tepat justru membuat hari Anda lebih produktif.

2. Membuat tidur malam lebih baik

Olahraga pagi hari juga membuat tidur malam Anda lebih baik. Aktivitas berolahraga di pagi hari membuat tubuh lebih bertenaga di siang hari dan rasa lelahnya biasanya muncul di penghujung hari.

Hal ini membuat waktu tidur Anda lebih teratur, dan kualitas tidur semakin baik. Keesokan harinya Anda akan lebih terasa bertenaga kembali karena kualitas tidur yang semakin baik ini.

3. Menjaga tekanan darah

Penelitian menunjukan bahwa orang yang melakukan olahraga pagi dibandingkan dengan yang olahraga siang dan malam mengalami penurunan tekanan darah lebih besar dan stabil. Apalagi untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi, ini sangat membantu.

4. Metabolisme energi semakin lancar

Bagi Anda yang ingin punya berat badan mendekati ideal saat hari lebaran, melakukan olahraga pagi setelah sahur bisa jadi kuncinya. Saat berolahraga pagi ternyata memicu tubuh untuk membakar kalori. Olahraga pagi akan meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak pun akan terjadi semakin cepat terjadi. (hs/red)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.