Ini Dia Lima Cara Terhindar dari Stres

Palapanews.com- Stres memang bisa datang kapan saja, tanpa Anda sadari. Pemicunya beragam, entah itu karena masalah keluarga, pasangan, pekerjaan, keuangan atau hanya perkara sepele, seperti terjebak macet di jalan.

Anda bisa terhindar dari stres, jika Anda tahu bagaimana cara menghindarinya. Nah, berikut ini ada lima tips agar Anda terhindar dari stres.

1. Hindari efek negatif

Dr. Uma Naidoo, seorang direktur psikiatri dan nutrisi di Massachusetts General Hospital dikutip dari Hellosehat.com, menyatakan bahwa setiap orang memiliki mekanisme saraf yang bisa dengan mudah meniru berbagai emosi yang didapatkan dari orang lain. Maka itu, cobalah untuk mencegah saraf tersebut berpindah ke otak Anda.

Caranya, dengan membayangkan sesuatu yang Anda sukai sehingga akan membuat Anda tersenyum atau tertawa sebelum memasuki situasi yang sekiranya bisa membuat Anda stres.

Pada intinya, sebisa mungkin untuk selalu mengumpulkan emosi positif dari dalam diri Anda sehingga bisa memancarkan hal yang positif juga pada orang lain. Akhirnya, Anda juga akan mendapatkan respon positif selama proses interaksi dengan orang lain.

2. Cari suasana yang lebih tenang

Jika Anda berada di suatu tempat dengan suasana yang membuat Anda merasa panik atau cemas, sebaiknya cari tempat lain dengan suasana yang jauh lebih tenang untuk sementara waktu.

Pasalnya, seorang penulis buku The Empath’s Survival Guide, menyatakan bahwa semakin Anda menjauhkan diri dari sumber negatif yang menyebabkan stres, maka akan semakin sedikit pula penularannya.

Mudahnya, mungkin pernah Anda perhatikan ada orang yang lebih memilih untuk menjauhi situasi yang bisa mengganggu konsentrasinya. Ini bertujuan agar pikirannya tidak “terkontaminasi” dengan hal-hal yang menimbulkan stres.

3. Tarik napas panjang

Saat stres menyerang tubuh kita, secara otomatis pernapasan akan berpacu semakin cepat. Untuk itu, Sherry Corrnier, PhD, seorang psikolog dan konsultasi stres menyarankan Anda untuk menarik napas panjang guna membuat diri Anda lebih tenang. Sebab menurutnya, pernapasan yang diatur lebih panjang dan lambat dapat memengaruhi respon stres pada tubuh.

4. Curahkan isi hati Anda dengan orang terdekat

Sama halnya dengan stres yang bisa saling menular, dukungan positif untuk meredakan stres yang didapat dari orang lain pun demikian. Kapanpun Anda merasa pikiran Anda mulai kacau akibat rasa cemas, panik, bahkan stres – cobalah untuk mengutarakan apa yang Anda rasakan pada orang lain.

Dukungan dan respon positif yang diberikan pada Anda, disinyalir bisa memperbaiki stres yang Anda alami. Namun, tetap pastikan untuk melampiaskan perasaan Anda pada orang terdekat yang Anda percayai.

5. Menulis pada kertas

Bila Anda kurang nyaman untuk mencurahkan unek-unek pada orang lain, pilihan lainnya bisa dengan menulis tentang apa saja yang Anda rasakan pada secarik kertas ataupun buku catatan favorit Anda.

Sama seperti bercerita dengan orang lain, hanya saja kali ini Anda bercerita pada selembar kertas. Tujuannya tentu untuk membantu Anda mengatasi emosi dengan lebih baik. (red)

Komentar Anda

comments