Layanan Medis Meningkat, Perlu Ada Transformasi Digital

Palapanews.com – Ada tiga isu yang bakal menjadi penentu dan akan bersinggungan dengan pesatnya era digital. Tiga isu penting itu adalah pendidikan, ekonomi dan kesehatan. Demikian diungkapkan Dr. James T Riady CEO Lippo Group.

Pesatnya pertumbuhan sistem teknologi digital, juga merupakan salah satu perhatian khusus yang disampaikan CEO Lippo Group, Dr. James T Riady saat berbicara pada acara CEO Power Breakfast bersama Siloam Hospitals, Selasa (8/5/2018) di  Jakarta.

Khusus isu kesehatan, James menilai, perlu adanya transformasi digital pada lingkup layanan medis dengan menimbang pesatnya pertumbuhan penduduk dunia dalam beberapa tahun terakhir.

“Ke depannya penduduk dunia akan bertambah tiga miliar dan satu diantara tiga tersebut berpotensi masuk ke Indonesia. Hal ini merupakan tantangan tersendiri, khususnya pada lingkup layanan akses kesehatan,” papar James Riady.

Putra dari pendiri Lippo Group itu menambahkan, hadirnya rumah sakit Siloam di sejumlah daerah merupakan salah satu bentuk guna menyikapi kebutuhan akses layanan kesehatan.

“Jadi disinilah potensi masalah, yaitu adanya pertumbuhan penduduk dan berdampak pada kebutuhan adanya peningkatan layanan atau yang saya lihat adalah supply side bukan demand side,” tegas James.

Diakuinya, Siloam Hospitals hadir sebagai jembatan penghubung dan tentu saja turut mendukung pemerintah guna peningkatan layanan akses sehat disejumlah daerah melalui standar dan mutu yang jauh lebih baik.

Di hadapan puluhan peserta yang mewakili sejumlah instansi nasional dan swasta, James mengutarakan, meskipun pelayanan kesehatan di Indonesia belum menyentuh secara menyuluruh, tapi tantangan harus dihadapi dengan produktifitas dan mengoptimalkan seluruh sumber daya.

“Termasuk dalam mengoptimalkan sumber daya lokal di daerah,” tandasnya. (shl/bd)

Komentar Anda

comments