1.100 Calon Haji Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSU Tangsel

oleh -2.198 views
Calon haji jalani pemeriksaan kesehatan di RSU Tangsel. Foto: Nad

Palapanews.com- Sebanyak 1.100 calon jamaah haji secara bertahap menjalani pemeriksaan kesehatan tahap dua di Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Senin 7 hingga Rabu 9 Mei 2018.

Tes kesehatan calon haji di RSU Kota Tangsel ini baru pertama kali dilakukan. Tahun-tahun sebelumnya, pemeriksaan kesehatan para calon jamaah haji dilakukan di rumah sakit swasta.

Penunjukan RSU Kota Tangsel sebagai rumah sakit untuk pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji, seiring semakin lengkapnya sarana di rumah sakit milik pemerintah daerah ini. Terlebih, gedung dua RSU Kota Tangsel pun sudah terbangun.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel, Suhara Manullang mengatakan pemeriksaan yang terbagi dalam tiga hari ini adalah lanjutan dari tahap pertama yang dilaksanakan di tiap puskesmas yang ada di Kota Tangsel.

“Pemeriksaan mencakup pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan lab gula darah, pemeriksaan kehamilan, pemeriksaan rontgen, pemeriksaan EKG, pemeriksaan fisik, vaksinasi influenza, vaksinasi pneumonia, vaksinasi meningitis hingga legalisasi vaksinasi,” paparnya kepada Palapanews.

Sementara untuk pemeriksaan tambahan seperti jantung, influenza serta meningitis atau penyakit berat lainnya, menurut Suhara akan dirujuk lebih lanjut dengan biaya yang ditanggung sendiri.

Calon haji mendaftar untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSU Tangsel. Foto: Nad

“Apakah calon jamaah haji harus didampingi atau tidak. Biasanya setiap kloter pun menyediakan tim medis sendiri. Nah, semua data dari pemeriksaan ini akan menjadi satu bahan dan data untuk para dokter,” ungkap Suhara.

Namun menurut Suhara, setelah tiga hari berlangsung dan jika belum semua terlayani maka akan dipindahkan ke Dinkes Kota Tangsel.

“Kami tentunya berharap, agar mereka bisa menunaikan ibadah haji dan dengan pulang selamat,” harapnya.

Sementara Baiq Winarni (40), calon jamaah haji asal Pondok Cabe turut menjalani proses pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi wanita. Ia mengaku telah mendaftar sejak tahun 2011 dan tidak memiliki riwayat penyakit apapun.

“Alhamdulillah sehat dan semoga tidak ada hambatan apapun dalam menjalani ibadah haji nanti,” imbuhnya. (adv)

Komentar Anda

comments