Kini Jaringan Data XL Axiata Jangkau 4.226 Kecamatan

Palapanews.com- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperluas jaringan data berkualitas 3G dan 4G LTE ke berbagai pelosok Tanah Air. Saat ini, telah terlayani masyarakat di kurang lebih 4.226 kecamatan di 406 kota/kabupaten se-Indonesia.

Kini, penetrasi layanan data XL Axiata telah mencapai 93% populasi Indonesia. Selain perluasan, juga terus meningkatkan kualitas jaringan data seiring dengan meningkatnya kebutuhan pelanggan memanfaatkan layanan data untuk meningkatkan produktifitasnya.

“Seiring perluasan tersebut, BTS 3G dan 4G LTE juga terus bertambah, dan hingga kini telah mencapai lebih dari 105 ribu unit BTS yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, infrastrukur jaringan fiber optic juga telah mencapai lebih dari 45 ribu km,” ungkap Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya, di Tanjung Pinang, kemarin.

Perluasan dan peningkatan kualitas data harus dilakukan karena selain kebutuhan masyarakat atas akses data yang terus meningkat juga banyaknya permintaan dari pelanggan di daerah-daerah baru, terutama di luar Jawa. Dengan penetrasi telah sampai 93% populasi, berarti layanan data XL Axiata adalah yang kedua terluas di antara operator lainnya.

Yessie menambahkan, peningkatan permintaan ini bisa dilihat dari terus meningkatnya trafik data, di mana hingga akhir 2017 lalu trafik data mencapai 1.280 TB atau tumbuh hingga sekitar 10x lipat jika dibandingkan dengan tahun 2014 lalu waktu di mana layanan 4G barus aja diluncurkan oleh XL Axiata. Hingga akhir 2018 nanti, diperkirakan trafik akan terus tumbuh hingga mencapai lebih dari 3.000TB. (rls/bd)

Komentar Anda

comments