Tangkal Hoax, FOKAL IMM Gelar Deklarasi

Palapanews.com- Forum Komunikasi Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (FOKAL IMM) Kota Tangerang mendeklarasikan ‘Gerakan Anti Hoax’ sebagai upaya dalam memberantas berita bohong atau hoax yang kerap meresahkan masyarakat.

Kegiatan Deklarasi tersebut digelar di Universitas Muhammadiyah Tangerang, diawali dengan kegiatan Dialog Publik, Sabtu, (28/4).

Ketua FOKAL IMM (Forum Komunikasi Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) Kota Tangerang, Supriadi, saat ini banyak sekali berita-berita hoax yang menyebar ditengah masyarakat dan hanya menimbulkan keresahan.

“Oleh karena itu, saya mengajak kepada para mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan untuk mendeklarasikan Gerakan Anti Hoax,”ujarnya.

Dirinya juga menegaskan, deklarasi anti hoax ini adalah wujud kesadaran kaum intelektual dan masyarakat melek digital, bahwa kita perlu menyikapi segala berita dengan cerdas, tidak langsung “kunyah” langsung “share” kemana-mana.

Kemudian, yang terpenting kita memulai ini, agar situasi di sekitar kita semakin kondusif, apalagi didepan adalah tahun politik bagi kehidupan berbangsa dan bernegara yang kita cintai ini.

“Maka mari kita sadari bahwa baik sebagai mahasiswa, pemuda maupun sebagai masyarakat kita tidak terpengaruh dengan berita bohong,” pinta Supriadi.

Hal senada juga diutarakan oleh Pemuda Muhammadiyah, Ahmed Khaerudin, menurutnya, dalam kegiatan dialog publik ini, hoax adalah musuh kita bersama. Dia pun siap mendukung aparatur pemerintah terutama kepolisian dalam memberantas hoax.”

“Pastikan kebenaran berita terlebih dahulu atau tanyakan kepada kepolisian jika ragu dan jangan kembali menyebarkan jika bermuatan negatif,” kata Ahmed.

Tujuan kegiatan ini agar mahasiswa bisa terbebas dari hoax. Karena menurut Ahmed, hoax ini sangat-sangat berbahaya dan bisa jadi virus pemecah bangsa.

“Setelah deklarasi ini akan kita laporkan dan serahkan pada pihak yang berwajib jika ada berita hoax, mengingat bahwa kita mempunyai undang undang ITE dan sebagai warga negara yang memiliki hukum serta aturan,”tutupnya. (Gs)

Komentar Anda

comments