Mau Aki Kendaraan Tahan Lama? Begini Caranya

Palapanews.com- Aki merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Fungsinya, sebagai penyuplai listrik ke seluruh bagian kendaraan.

Kini, sebagian besar kendaraan menggunakan aki kering atau Maintenance Free (MF) Battery yang dikenal juga sebagai Valve Regulated Lead Acid Battery (VRLA).

Nah, bagaimana caranya agar aki motor Anda awet alias tahan lama. Pengelola Raihan Jaya Motor, Basit, memberikan tipsnya. Menurut dia, perlakuan terhadap aki menjadi penentu usianya.

“Aki motor harus dirawat dengan baik agar tetap bisa menghasilkan tenaga listrik dan menyuplainya ke seluruh komponen motor dengan baik dan sempurna,” Basit menambahkan.

Melakukan ‘pemanasan’ mesin motor pada pagi hari sangat disarankan dengan menggunakan kick starter (engkol) agar sistem pengisian listrik tetap terjadi dan stabil.

“Panaskan mesin motor selama dua hingga lima menit setiap hari untuk membuat sistem kelistrikan stabil,” kata Basit yang membuka bengkel di Lengkon Kulon, Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

Kabel pada terminal aki juga harus tetap diperhatikan agar terjaga kebersihannya dan selalu dalam keadaan tertutup rapat.

“Jika kabel terminal aki dalam keadaan terlalu lembab dapat menyebabkan terjadinya korsleting aliran listrik (hubungan pendek),” jelasnya.

Perhatikan juga kondisi kiprok kendaraan apakah masih berfungsi dengan baik, karena komponen satu ini merupakan salah satu komponen vital dalam proses penyuplaian listrik ke semua bagian kendaraan.

“Selain itu, goncangan atau benturan akibat lubang atau jalan rusak dapat merusak sel-sel komponen aki jika terlalu sering,” paparnya. (mat)

Komentar Anda

comments