Bandara Soetta Waspada Wabah Virus Mers & Demam Kuning

oleh -


Palapanews.com- Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang menerapkan sistem siaga dalam menanggulangi berbagai penyakit menular. Terlebih Bandara Soetta merupakan objek vital dan pintu gerbang masuk Indonesia.

“Oleh karena itu kami terus melakukan pencegahan dalam menanggulangi persoalan ini. Banyak penyakit yang mudah tertular begitu saja dan membahayakan pengguna jasa bandara,” ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soetta, Anis Maruf di Gedung 600 PT Angkasa Pura II, Tangerang, Rabu (4/4).

Berbagai upaya pun dilakukan oleh pihaknya. Menurutnya ada berbagai faktor wabah penyakit dapat menyebar di Bandara.

“Salah satunya itu yakni di sejumlah maskapai. Banyak penumpang dari maskapai tersebut, sehingga harus diuji kelayakannya,” ucapnya.

Beberapa tahapan pun dilakukan pemeriksaan. Ratusan maskapai di Bandara Soetta diuji kelayakannya.

“Kami mulai periksa seluruh pesawat termasuk yang ada di dalamnya. Mulai dari kursi, air minum, hingga makanan,” kata Anis.

Anis menyebut jenis penyakit dari luar negeri begitu mengganas dan mudah tertular. Ia pun menyatakan waspada terkait hal ini.

“Ada virus Mers yang sangat membahayakan dan perlu kewaspadaan. Apalagi saat ini musim ibadah Umroh, virus itu cepat tertular,” ungkapnya.

Seperti diketahui Mers (Middle East Respiratory Syndrom) merupakan virus yang berasal dari kawasan Timur Tengah. Jenis penyakit tersebut menyebabkan sistem pernafasan terganggu bahkan menimbulkan kematian.

“Ada lagi jenis penyakit yang membahayakan yakni Demam Kuning. Itu sangat menular dan berasal dari Benua Afrika,” papar Anis. (ydh)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.