Ajaib, Ini Dia Manfaat Daun Kelor!

Palapanews.com- “Dunia tak selebar daun kelor” Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar pribasa tersebut, yakan? Lalu apa yang pertama kali terbersit di benak Anda ketika mendengar daun kelor? Mungkin, benak Anda akan langsung membayangkan daun hijau yang sering digunakan untuk mistis. Tapi tahukah Anda pada Kenyataannya, daun kelor juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut penjelasan lengkap mengenai 9 manfaat daun kelor berikut ini!

1. Menjaga berat ideal
Ada kabar baik bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan! Menurut studi menyatakan bahwa senyawa dalam daun kelor dapat merangsang kerja metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak pun dapat berjalan lebih optimal. Selain itu, bila diolah menjadi teh, maka daun kelor dapat diserap lebih baik oleh usus sehingga Anda akan terhindar dari masalah sistem pencernaan.

2. Menyehatkan kulit & mata
Selanjutnya, daun kelor juga baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit Anda. Hal ini tentunya tidak terlepas dari fakta bahwa dalam daun hijau ini terkandung senyawa antiseptik dan anti-inflamasi, belum lagi kadar vitamin A-nya yang tinggi.

3. Mengobati sariawan
Sariawan adalah salah satu penyakit yang dapat membuat penderitanya tersiksa akibat rasa nyeri yang ditimbulkan. Namun jangan khawatir segera obati saja dengan daun kelor! Caranya, berkumur-kumurlah dengan menggunakan air rebusan daun kelor setiap kali akan tidur. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya dijamin dapat mengusir sariawan dengan cepat.

4. Mengatasi pegal & linu
Sering merasa pegal dan linu? Segera atasi dengan daun kelor. Studi terakhir mengungkapkan bahwa dalam daun kelor terkandung senyawa pterigospermin yang berkhasiat untuk merelaksasi otot, mengobati pegal dan linu, mengatasi kram, hingga mempercepat proses penyembuhan sendi yang keseleo. Caranya? Cukup dengan mengoleskan daun kelor yang sudah ditumbuk halus ke area yang bermasalah.

5. Meredakan gejala rematik
Faktanya menurut ini hasil studi yang dipublikasikan di “The Journal of Chinese Integrative Medicine” –bahwa ekstrak daun kelor terbukti dapat mengurangi sakit sekaligus meminimalisir peradangan pada sendi. Tentu saja ini sangat baik bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit rematik.

6. Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh
Jarang yang mengetahui bahwa daun kelor ternyata kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi penting yang dimaksud meliputi mangan, potasium, kalsium, magnesium, dan zat besi.

7. Menjaga kesehatan otak & saraf
Ingin memiliki otak dan sistem saraf yang selalu terjaga kesehatannya? Maka, rutinlah mengonsumsi daun kelor! Penyebabnya tidak lain karena dalam daun kelor terkandung beragam kandungan aktif, seperti anti-oksidan dan asam amino-triptofan. Sssst, rajin mengonsumsi daun kelor juga terbukti ampuh untuk merangsang produksi hormon serotonin, lho! Inilah yang akan membuat mood Anda selalu terjaga. Mau?

8. Menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh
Memiliki kadar gula darah yang stabil tentunya merupakan hal yang penting; karena hal ini dapat menghindarkan Anda dari penyakit diabetes. Nah, salah satu cara untuk memeroleh kondisi tadi adalah dengan rutin mengonsumsi daun kelor. Faktanya, para peneliti dari University of Wisconsin LaCrosse mengemukakan bahwa konsumsi daun kelor terbukti dapat menambah energi tubuh tanpa harus meningkatkan kadar gula darah. Mengejutkan, bukan?

9. Menurunkan risiko terkena kanker
Manfaat daun kelor yang terakhir adalah untuk menurunkan risiko Anda terkena kanker. Mungkin terdengar mengada-ngada; namun, sebuah studi yang dipublikasikan di “Asia Pacific Journal of Cancer Prevention” menyebutkan bahwa kombinasi asam amino, antioksidan quercetin, fitronutrien karetenoid, dan senyawa antibakterial dalam daun kelor terbukti ampuh untuk mencegah pertumbuhan sel abnormal pemicu kanker.
Itu tadi 9 manfaat daun kelor yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat! (red)

Komentar Anda

comments