8 Makanan Penyebab Maag & Asam Lambung

Palapanews.com- Sistem pencernaan Anda mengikuti aliran tertentu. Makanan akan mulai dicerna di mulut kemudian pindah ke tenggorokan Anda, kemudian ke kerongkongan dan perut, kemudian usus kecil dan besar, kemudian dikeluarkan dari tubuh Anda. Ketika makanan dalam perut berjalan kembali ke arah yang berlawanan, hal itu dapat menyebabkan rasa sakit.

Heartburn alias perut mulas (maag), seperti dikutip dari hellosehat.com, adalah salah satu kondisi yang menyebabkan makanan dari lambung kembali lagi ke kerongkongan. Meskipun penyebabnya berbeda pada setiap orang, berikut adalah beberapa makanan yang perlu Anda hindari.

1. Makanan porsi besar
Makanan besar menyebabkan perut Anda menghasilkan lebih banyak asam lambung yang dapat menumpuk dan mengiritasi kerongkongan Anda. Dianjurkan untuk makan lebih sering dengan porsi yang kecil dibandingkan makan sekaligus dengan porsi besar.

2. Makanan yang digoreng
Makanan tinggi lemak seperti gorengan, membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Semakin lama ia berada di perut Anda, semakin banyak asam lambung diproduksi yang akhirnya akan mengambil lebih banyak ruang di perut Anda. Karena perut dipenuhi oleh banyak makanan, makanan Anda akan meluap sampai ke kerongkongan. Hal ini akan menyebabkan gejala gangguan asam lambung dan maag. Gorengan termasuk kentang goreng, ayam goreng, donat, dan keripik kentang.

3. Makanan asam
Meskipun buah memiliki banyak manfaat kesehatan, kadang-kadang mereka dapat memicu asam lambung. Banyak buah mengandung kadar asam yang tinggi. Keluarga buah jeruk termasuk lemon, jeruk, dan tomat mengandung asam yang dapat mengganggu keseimbangan pH di perut Anda. Buah-buahan dan sayuran dapat menambah keasaman dan menyebabkan gejala maag.

4. Brokoli
Brokoli merupakan sumber serat dan nutrisi. Jika Anda mengalami gejala maag terkait dengan gas dan kembung, hindari memakan brokoli. Terlalu banyak serat dapat menyebabkan sistem pencernaan Anda menghasilkan lebih banyak gas, yang dapat memicu heartburn.

5. Kopi dan minuman berkarbonasi
Jika Anda sering bermasalah dengan gangguan asam lambung, kebiasaan minum kopi sebaiknya dikurangi, kalau belum bisa ditinggalkan sama sekali. Selain kopi, minuman berkarbonasi seperti soda juga bisa merangsang naiknya asam lambung ke kerongkongan yang menyebabkan nyeri perut atas.

6. Makanan pedas
Jika Anda menyukai makanan pedas namun Anda memiliki maag, kami punya kabar buruk. Ini saatnya untuk menjauhkan botol sambal. Makanan pedas dapat menambah penumpukan asam dan menyebabkan naiknya asam lambung. Untuk mencegah gejala maag, lebih baik menghindari cabai dan saus pedas.

7. Alkohol
Anda mungkin sudah tahu bahwa alkohol tidak baik bagi kesehatan, tapi kami ingin menyebutkan lagi bahwa alkohol akan memperburuk refluks asam lambung. Alkohol meningkatkan asam lambung dalam perut Anda dan membuat tubuh Anda dehidrasi.

8. Cokelat
Cokelat memang dikenal sebagai pemicu gejala refluks asam lambung. Cokelat mengandung senyawa yang disebut theobromine yang menyebabkan otot esophageal sphincter mengendur, yang memungkinkan asam mengalir sampai kerongkongan. (red)

Komentar Anda

comments