Ketahui 5 Fakta Soal Penyakit Ginjal

Ilustrasi.

Palapanews.com- Ginjal Anda menyaring air tambahan dan limbah dari darah Anda dan membuat urin. Ginjal Anda juga membantu mengontrol tekanan darah sehingga tubuh Anda bisa tetap sehat.

Sedangkan penyakit ginjal adalah kondisi di mana ginjal rusak dan tidak dapat menyaring darah seperti yang seharusnya. Kerusakan ini dapat menyebabkan limbah menumpuk dalam tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan masalah lain yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Berikut ini fakta penting yang perlu Anda ketahui seputar penyakit ginjal.

1. Cedera ginjal akut berbeda dengan penyakit ginjal kronis

Bagi kebanyakan orang, kerusakan ginjal terjadi secara perlahan selama bertahun-tahun, sering karena diabetes atau tekanan darah tinggi. Ini disebut penyakit ginjal kronis. Ketika seseorang memiliki perubahan mendadak dalam fungsi ginjal—karena sakit, atau cedera, atau karena obat tertentu—ini disebut cedera ginjal akut. Hal ini dapat terjadi pada orang dengan ginjal normal atau pada seseorang yang sudah memiliki masalah ginjal.

Penyakit ginjal merupakan masalah yang berkembang. Siapapun dapat mengembangkan penyakit ginjal, tanpa memandang usia atau ras. Faktor risiko utama untuk mengembangkan penyakit ginjal adalah:

– Diabetes
– Tekanan darah tinggi
– Penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah)
– Riwayat keluarga dengan gagal ginjal

2. Diabetes dan tekanan darah tinggi adalah penyebab paling umum dari penyakit ginjal

Kedua kondisi ini dalam waktu bertahun-tahun dapat perlahan-lahan merusak ginjal.

3. Penyakit ginjal tahap awal tidak memiliki tanda-tanda atau gejala

Anda mungkin tidak merasakan apa-apa sampai penyakit ginjal sudah berkembang menjadi lebih parah. Tes darah dan urin adalah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki penyakit ginjal. Tes darah memeriksa tingkat glomerular filtration (GFR) Anda, yang menunjukkan seberapa baik ginjal Anda menyaring. Tes urin memeriksa protein dalam urin Anda.

4. Penyakit ginjal bisa diobati jika terdeteksi dini

Semakin cepat Anda tahu bahwa Anda memiliki penyakit ginjal, semakin cepat Anda bisa mendapatkan pengobatan untuk membantu keterlambatan atau mencegah gagal ginjal. Perawatan mungkin termasuk menggunakan obat yang disebut inhibitor ACE atau ARB untuk mengelola tekanan darah tinggi dan menjaga ginjal Anda agar tetap sehat lebih lama. Mengobati penyakit ginjal juga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

5. Penyakit ginjal biasanya menetap seumur hidup

Penyakit ginjal juga mungkin membuat kondisi lebih buruk dari waktu ke waktu dan dapat menyebabkan gagal ginjal. Jika terjadi gagal ginjal, pengobatan dengan dialisis atau transplantasi ginjal akan diperlukan. Penyakit ginjal juga dapat menyebabkan kondisi kesehatan lainnya termasuk penyakit jantung. Bahkan, orang-orang dengan penyakit ginjal lebih mungkin untuk mengalami stroke atau serangan jantung, seperti dikutip dari hellosehat.com. (red)

Komentar Anda

comments