5 Buah Ini Bisa Obati Maag saat Kambuh

Ilustrasi.

Palapanews.com- Pola hidup dan makanan yang kurang sehat, menjadi salah satu pemicu utama penyakit maag. Beragam obat maag pun bermunculan, untuk mengurangi penyakit saluran pencernaan ini.

Tapi, tahukah Anda bahwa Anda juga bisa mengobati maag yang kambuh dengan cara makan buah? Buah apa saja yang bisa jadi obat maag? Dikutip dari hellosehat.com, berikut ini lima buah yang bisa obati maag saat kambuh.

1. Kelapa
Air pada buah kelapa memiliki banyak mineral dan senyawa yang bersifat menenangkan sistem pencernaan dalam tubuh. Tentunya, hal ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan radikal beracun dalam tubuh.

Air buah kelapa juga membantu mempertahankan suhu tubuh agar tetap normal dan menghambat peradangan di lambung. Untuk penderita maag, baiknya konsumsi satu buah air kelapa setiap hari, dan lihat hasilnya dengan konsumsi rutin selama 2 minggu berturut-turut.

2. Buah pepaya
Salah satu hasil tumbuhan yang kaya serat ini, juga didapuk sebagai buah untuk mengobati maag. Buah pepaya memiliki kandungan yang baik untuk dicerna. Isi kandungannya antara lain vitamin B1, B2, vitamin A, dan vitamin C. Buah pepaya juga mengandung mineral seperti magnesium, besi, sulfur, dan kalium. Kandungan mineral tersebut akan melancarkan pencernaan Anda, termasuk meredakan maag.

Selain itu, manfaat pepaya juga baik untuk kulit, kesehatan rambut, tulang, dan sebagai penambah fungsi sistem kekebalan tubuh. Anda bisa menghaluskan seperempat potong buah pepaya setiap harinya, bisa juga dengan menambahkan 2 sendok yoghurt tanpa campuran lain. Konsumsi sebelum makan siang dan makan malam, untuk meredakan sakit maag yang Anda derita.

3. Buah apel
Buah apel memang kaya nutrisi, dengan adanya kandungan pektin dan kombinasi glisin. Kedua kombinasi tersebut mengandung antasid dan menjadikan apel sebagai salah satu buah untuk mengobati maag. Apel mampu mengurangi rasa mual, mulas, dan mengurangi kandungan asam lambung yang berlebih pada pencernaan Anda.

Ingin meredakan maag yang Anda derita dengan hanya makan buah apel? Mudah, makan satu buah apel sebelum makan selama 3 hari sekali, dan jangan lupa untuk mencuci kulitnya agar bersih dari kandungan pestisida yang berbahaya jika sampai masuk dalam tubuh.

4. Buah pisang
Pisang adalah salah satu buah dengan tingkat serat yang tinggi. Selain itu, kandungan lemak dan proteinnya rendah. Buah pisang juga telah diakui sebagai sumber energi yang punya sedikit kandungan efek pencahar. Nah, perhatikan kalau akan mengonsumsi pisang untuk obat maag, baiknya pilih pisang yang sudah matang, berwarna kuning terang. Konsumsi pisang sebagai menu sarapan sehat Anda untuk mengurangi gejala maag sehari-hari.

5. Buah peach atau persik
Buah manis ini punya kandungan baik untuk kesehatan tubuh, khususnya pencernaan. Buah peach, memiliki peran sebagai kandungan obat diuretik dan obat pencahar sekaligus. Selain itu, dalam buah peach, terdapat vitamin A, C dan E yang bisa mencegah kanker di dalam pencernaan Anda. Sedangkan kandungan mineralnya, seperti kalium, fosfor, dan magnesium, berperan sebagai pelindung sistem kekebalan tubuh yang baik.

Dengan teksturnya yang lembut dan mudah dicerna, buah peach, ini dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan bagi Anda yang menderita sakit maag. Anda bisa membuat obat maag alami yang terbuat dari air rebusan daun peach dan pastinya dengan daging buah peach. Minum setiap hari, sebanyak 2-3 cangkir per hari. (red)

Komentar Anda

comments