Teh Hijau Bisa Turunkan Kadar Kolesterol?

Palapanews.com- Teh hijau adalah salah satu minuman sehat yang sudah tidak perlu lagi diragukan manfaatnya. Bahkan, teh herbal ini juga didaulat sebagai minuman yang efektif membantu menurunkan berat badan. Nah, ada satu lagi manfaat teh hijau yang mungkin tidak banyak orang tahu: obat kolesterol alami. Apa benar rajin minum teh hiau bisa menurunkan kolesterol?

Manfaat teh hijau (Camellia sinensis) sebagai obat kolesterol alami datang dari kandungan flavonoid unik yang disebut dengan katekin. Katekin tidak benar-benar memengaruhi kerja enzim yang memecah lemak, namun mampu mengurangi penyerapan kolesterol dan meningkatkan kemampuan pembuangan kolesterol pada feses.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, minum teh hijau selama delapan minggu secara berturut-turut dapat menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 2-4 persen. Selain itu, mereka yang rutin mengonsumsi lebih dari dua cangkir teh hijau setiap hari memiliki kadar plasma kolesterol.

Dikutip hellosehat.com, Penurunan kadar kolesterol LDL dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 22-33 persen.

Selain dapat menurunkan kadar kolesetrol, teh hijau juga mengandung berbagai sisi positif lainnya, seperti antioksidan dan nutrisi lain seperti protein, karbohidrat, mineral dan vitamin yang juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tubuh yang sehat bugar akan lebih kebal terhadap berbagai serangan penyakit. (red)

Komentar Anda

comments