Ratusan Siswa SPJ Teropong Gerhana Bulan

Palapanews.com – Fenomena gerhana bulan total atau Super Blue Blood Moon yang terjadi pada 31 Januari 2018, berlangsung mulai 18.00 WIB hingga 22.00 WIB. Kejadian langka ini, diabadikan oleh ratusan siswa Sekolah Pembangunan Jaya (SPJ) di Rooftop Gedung School Science Center (SSC) melalui peneropongan. Mereka juga berjama’ah melaksanakan Sholat Gerhana.

Menurut Lily Endang Wulan Sari, Kepala SSC, SSC sebagai pusat pembelajaran sains di SPJ merasa perlu menyelenggarakan kegiatan tersebut untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa siswi serta guru SPJ.

“Diawali dengan pemaparan materi tentang gerhana bulan total serta pemutaran video. Kemudian kegiatan peneropongan dilakukan di Rooftop Gedung SSC. Selain itu dilaksanakan juga Sholat Gerhana Bulan,” paparnya melalui WhatsApp.

Sekitar 160 siswa yang berasal dari TK, SD, SMP dan SMA Sekolah Pembangunan Jaya pun turut meramaikan kegiatan langka ini. Selain itu, guru dan orangtua serta Principal Sekolah Pembangunan Jaya, Indira Sunito beserta jajaran juga ikut mendampingi.

Dalam kesempatan tersebut, Lily menjelaskan tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut adalah untuk menambah wawasan siswa tentang fenomena alam langka yang terjadi setiap 152 tahun sekali. Selain itu sebagai kegiatan pembinaan kepada siswa akan kebesaran Tuhan Pencipta Alam semesta.

“Ada 3 telescope yang digunakan secara bergantian. Saya berharap, acara ini juga untuk merangsang rasa ingin tau siswa akan bidang astronomi yang tentunya terkait dengan materi pelajaran juga dengan kehidupan sehari-hari,” ungkapnya. (nad)

Komentar Anda

comments