Sering Masuk Angin? Ini Dia Penyebabnya

oleh -

Palapanews.com- Anda sering masuk angin? Tahukah Anda, di antara penyebab sering masuk angin adalah kurang tidur atau sering begadang.

Banyak orang yang menduga jika masuk angin disebabkan oleh kehujanan atau terkena angin malam. Sebenarnya, apa saja sih penyebab dari masuk angin?

Angin
Cukup banyak orang yang menduga jika hembusan angin yang mengenai tubuh saat kita keluar rumah, berkendara sepeda motor, atau menggunakan kipas angin sebagai penyebab masuk angin. Padahal, menurut pakar kesehatan, angin tidak begitu berperan besar dalam menyebabkan masalah kesehatan ini. Andai kita menelan angin, maka kita akan cenderung mengeluarkannya kembali lewat sendawa atau kentut, bukannya akan meresap ke dalam tubuh.

Daya tahan tubuh melemah
Penyebab utama dari masuk angin sebenarnya adalah daya tahan tubuh yang semakin melemah. Tubuh yang kelelahan, stress, dan berbagai penyebab lain yang menurunkan daya tahan tubuh akan membuat kita mudah terpapar virus dan bakteri penyebab penyakit yang bisa memicu masalah kesehatan layaknya batuk, pilek, atau masuk angin.

Suhu dingin
Suhu dingin, bukannya angin dingin, bisa membuat tubuh ikut menurunkan suhu tubuhnya dengan cara menyempitkan pembuluh darah. Hal ini ternyata juga akan berimbas pada meningkatkan resiko terkena masuk angin.

Kurang tidur
Kurang tidur memang akan menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga kita pun akan dengan mudah terkena berbagai macam penyakit, termasuk masuk angin. (red)

Sumber: duniakesehatan.co.id

Komentar Anda

comments