Semaraknya Pemilihan Ketua RT/RW di Serpong

oleh -
banner 300250

Palapanews.com – Edukasi demokrasi di kota termuda di Porvinsi Banten, Kota Tangerang Selatan, telah pula menyentuh akar rumput. Di awal tahun 2018 ini, sejumlah Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) meggelar perhelatan pesta demokrasi dalam pemilihan Ketua RT/RW.

Model pelaksanaan pemilihannya pun hampir tidak kalah dengan pelaksanaan Pemilu atau Pemilukada (Pemilihan Umum Kepala Daerah). Di sejumlah RT/RW wilayah Kelurahan Serpong, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan semarak pelaksanaan pemilihan ketua RT dan Ketua RW.

Spanduk-spanduk pengumuman tentang pemilihan RT/RW dan spanduk para calon yang bakal dipilih bertebaran di sudut-sudut lingkungan warga. Dimulai dengan sosialisasi waktu pelaksanaan serta foto-foto para calon dipajang bak pemilihan kepala daerah. Maraknya pemilihan ketua RT/RW di wilayah Serpong berdasarkan telah terbitnya surat edaran dari Pemerintah Kelurahan Serpong.

Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan Taufik MA (tengah) bersama para calon. (bd)

Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan Taufik MA saat mengunjungi lokasi pemilihan Ketua RT di wilayah RT02/RW02 Kelurahan Serpong, Kecamatan Serpong, mengakui bahwa di wilayahnya khususnya di Kelurahan Serpong masih banyak RT/RW yang belum mengikuti sesuai dengan aturan ketentuan hukum.

Seperti terkait masa periode jabatan Ketua RT/RW yang dalam perwal disebutkan bahwa masa jabatan Ketua RT/RW selama 3 tahun, maka apabila sudah habis masa jabatannya tersebut harusnya kembali dilakukan pemilihan ketua RT/RW yang baru. Hal ini katanya, penting, karena RT/RW lah yang menjembatani antara warga dengan pemerintah kota.

“ini, dalam rangka pendidikan demokrasi dan politik khususnya di wilayah saya di Kelurahan serpong yang selama ini masih belum dipahami tentang aturan hukumnya. Karena nyatanya masih banyak Ketua RT/RW yang sudah bertahun-tahun masih juga menjabat,” terang Taufik di Serpong, Minggu (21/01/2018).

Menurutnya saat ini, Pemerintah Kota Tangerang Selatan juga telah mengganggarkan untuk memberikan insentif bagi RT/RW. Begitu juga dengan DPRD Kota Tangsel tengah mempersiapkan aturan-aturan hukum berupa Perda (peraturan daerah) Kota Tangerang Selatan. (bd)

Komentar Anda

comments