Lagi, XL Axiata Gandeng Kementerian KKP & Kominfo Realisasikan “Nelayan Go Online”

Regional Sales Manager Aceh Trisna Gunawan menyerahkan seperangkat handset. (ist)

Palapanews.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen kuat untuk mendukung pemerintah dalam menyiapkan masyarakat Indonesia memasuki era digital. Salah satunya adalah menyiapkan masyarakat nelayan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendorong produktivitas dan meningkatkan hasil tangkapan ikan.

Bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia serta Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, kembali XL Axiata merealisasikan program “Nelayan Go Online” kepada para nelayan di berbagai daerah. Kali ini implementasi dilakukan di Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh.

Dalam beberapa bulan terakhir, XL Axiata telah menyalurkan perangkat penunjang untuk program Nelayan Go Online berupa smartphone yang dilengkapi dengan aplikasi Nelayan Pintar (NELPIN) di sejumlah daerah. Penyaluran telah dilakukan antara lain di Makasssar, Medan, Banda Aceh, Lampung, dan Banyuwangi.

Di Sabang, penyaluran program dilaksanakan di Gedung Serbaguna Sabang Fair Kota Sabang, bersamaan dengan acara Jambore IPTEK – Sail Sabang 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Minggu (3/1/2017).

Mewakili manajemen XL Axiata, RSM Aceh, Trisna Gunawan memaparkan dukungan XL Axiata pada Program Nelayan Go Online dengan aplikasi NELPIN, sekaligus secara simbolis menyerahkan perangkat yang dimaksud kepada komunitas nelayan.

Francky Rinaldo Pakpahan, Vice President West Region mengatakan, “Dukungan kami pada Program Nelayan Go Online ini merupakan realisasi dari komitmen XL Axiata dalam mendukung kalangan nelayan untuk memanfaatkan layanan digital guna meningkatkan produktivitas, serta keselamatan selama melaut.”

Para nelayan penerima manfaat ini akan mendapatkan gratis paket data selama 2 bulan dan handset dari XL Axiata. Sementara itu, dari sisi jaringan untuk mendukung pengoperasian NELPIN, XL Axiata telah menyediakan layanan 4G LTE dan 3G yang memadai di lokasi-lokasi implementasi Program Nelayan Go Online ini.

“Jaringan tersebut juga bisa menjangkau lepas pantai tempat nelayan menangkap iklan dengan memanfaatkan NELPIN,” tambah Francky.

Dr. Ir. Ismail MT selaku Dirjen Sumber Daya & Perangkat Pos & Informatika Kominfo mengatakan, “Kami mengapresiasi langkah XL Axiata yang mengambil bagian dalam program peningkatan produktivitas masyarakat nelayan dengan memanfaatkan sarana berteknologi digital aplikasi NELPIN ini.”

Diakui, Program Nelayan Go Online dengan NELPIN ini memang searah dengan visi Kementerian Kominfo yang terus mendorong perluasan jaringan infrastruktur Data hingga ke pelosok daerah, termasuk juga mendorong pemanfaatan keunggulan teknologi digital guna meningkatkan produktivitas masyarakat.

Aplikasi NELPIN memiliki sejumlah fitur yang akan sangat mendukung aktivitas nelayan, baik saat bekerja melaut, maupun guna mengetahui kondisi pasar ikan. Fitur tersebut antara lain menyediakan informasi arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, posisi/koordinat nelayan (GPS), juga lokasi berkumpulnya ikan.

Selain itu juga tersedia informasi terkait harga ikan terupdate, juga permintaan atas jenis-jenis ikan. Aplikasi NELPIN dirancang oleh Kementerian KKP dan ditargetkan untuk bisa dimanfaatkan bagi para nelayan di seluruh tanah air.

Dukungan XL Axiata terhadap program Nelayan Go Online ini juga juga merupakan implementasi atas komitmen untuk menyiapkan masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan dalam era digital. XL Axiata tidak sekedar membangun infrastruktur telekomunikasi dalam pemenuhan kewajiban seperti yang tercantum  modern licensing.

Namun, lebih dari itu juga sebagai upaya membangun ekosistem agar kehadiran jaringan Data di setiap pelosok daerah memberikan manfaat bagi daerah dan masyarakat setempat untuk meningkatkan kualitas hidupnya, termasuk secara ekonomi, pendidikan, kesehatan dan bidang sosial lainnya. (rls./bd)

Komentar Anda

comments