Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten Berikan Pelatihan

Tingkatkan Kualitas Guru

 

Palapanews.com- Guru merupakan salah satu instrumen penting dalam dunia pendidikan. Sebagai garda terdepan dalam pembangunan sumberdaya manusia di suatu daerah, seorang guru dituntut memiliki banyak pengetahuan dan kemampuan terutama dalam bidangnya.

Pembinaan keterampilan dan kemampuan guru atau tenaga kependidikan dalam mengelola pendidikan menjadi salah satu tanggung jawab pemerintah.

Di Provinsi Banten, pembinaan guru dan tenaga pengelola satuan pendidikan menjadi bagian program prioritas yang kini tengah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan.

Banyak program yang digelontorkan Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten untuk meningkatkan kualitas tenaga pengajar di provinsi yang berdiri tahun 2000 ini.

Ada sekitar 7 kegiatan pelatihan dan workshop yang dikhususkan bagi guru-guru tingkat SMA dan SMK dinaungi Dindikbud Provinsi Banten.

“Untuk meningkatkan kualitas pendidik di Provinsi Banten kita menyiapkan banyak program, untuk program pelatihan, Bimtek dan Diklat bagi guru di tahun 2017 ini kita punya sekitar 7 program utama,” ujar Kepala Dindikbud Provinsi Banten, Engkos Kosasih.

Program-program peningkatan kualitas tersebut diantaranya adalah pelatihan penilaian kinerja guru (PKG) jenjang SMK dan pembekalan pendidik dan tenaga kependidikan jenjang SMK ke tingkat nasional.

Selain itu, beberapa guru SMK juga diberikan pendidikan dan pelatihan guru produktif jenjang SMK tahun 2017 serta Diklat manajemen pengelolaan laboratorium sekolah jenjang SMK.

Tak hanya untuk guru atau tenaga kependidikan, Dindikbud Banten juga memberikan pelatihan dan pendidikan bagi kepala sekolah dan tenaga pendukung kependidikan lainnya seperti pengawas dan tenaga administrasi sekolah.

Selama tahun 2017, Dindikbud Banten mengadakan 7 program pelatihan dan Diklat bagi kepala sekolah.

Diklat dan pelatihan tersebut diantaranya Diklat peningkatan kinerja kepala SMK, Bimtek pengembangan keprofesian yang berkelanjutan (PKB) bagi kepala SMK dan Bimtek kewirausahaan.

Dengan program pelatihan dan Diklat ini diharapkan, Provinsi Banten memiliki tenaga kependidikan yang profesional dan berkualitas sehingga dunia pendidikan Banten kedepannya bisa lebih maju dan berdaya saing.

“Harapan kami (Dindikbud Banten -red), kita memiliki tenaga kependidikan yang berstandar, kita juga akan melakukan sertifikasi ulang terhadap guru-guru SMK dan SMA yang kini menjadi tanggung jawab Provinsi,” imbuhnya.

Saat ini jumlah guru di Provinsi Banten mencapai 23.796 orang, guru SMA 12.841 orang dan guru SMK 10.955 orang.

Sementara itu, untuk guru sekolah berkebutuhan khusus mencapai 951 orang guru.(adv)

Komentar Anda

comments