Arief Bacakan Nota Keuangan RAPBD 2018, Pejabat Eselon II Tertidur Pulas

Palapanews.com Ada sebuah pemandangan menarik saat Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah menyampaikan nota keuangan RAPBD 2018 di ruang sidang paripurna DPRD, Senin (06/21).

Pemandangan tersebut adalah tertidurnya sejumlah pejabat eselon II Pemerintahan Kota Tangerang diantaranya Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD), Ghazali Barmawi, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Erlan Rusnarlan.

Dalam rapat paripurna ini Walikota memaparkan komposisi RAPBD 2018. Dimana Belanja Langsung masih mendominasi RAPBD 2018 yakni sebesar Rp 2,58 Triliun, sedang Belanja Tidak Langsung sebesar Rp 1,31 Triliun.

“Urusan pendidikan dianggarkan sebesar Rp 1,01 Triliun atau 25,89 % dari total RAPBD,” terangnya.

Walikota menjelaskan RAPBD sebagai rencana keuangan tahunan pemerintah daerah telah diupayakan penyusunannya secara cermat dan menyeluruh yang disesuaikan perkiraan kemampuan dana yang dihimpun untuk membiayai program dan kegiatan yang telah ditetapkan.

“Penyusunan rancangan APBD tahun anggaran 2018 dilakukan sesuai prioritas pembangunan Kota Tangerang,” ujarnya.

Menurutnya dalam penyusunan program telah mengacu norma dan prinsip yang berlaku seperti partisipasi masyarakat, transparan, akuntabilitas anggaran, disiplin anggaran, keadilan anggaran, efisiensi serta efektivitas anggaran.

Sementara itu, prioritas pembangunan 2018, Pemkot Tangerang memfokuskan pada 11 isu utama antara lain Peningkatan Layanan Pendidikan, Peningkatan Layanan Kesehatan, Peningkatan Sarana Prasarana dan Pengendali Banjir, Pemberdayaan Masyarkat Miskin, Daya Dukung Lingkungan, Tata Kelola dan Tata Kerja Birokrasi Pemerintahan Daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Walilota juga menyampaikan penjelasan terkait dua buah Raperda yaitu Raperda Perubahan atas Perda Nomor 1 tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan, dan yang kedua Raperda tentang Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat. (ydh)

Komentar Anda

comments