Gandeng KPK, Pemkot Tangsel Bentuk Tunas Integritas

Suasana Workshop Komite Integritas di Aula Balaikota Tangsel.

Palapanews.com- Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Workshop Komite Integritas pada Rabu (1/11/2017) hingga Kamis (2/11/2017) di Aula Balaikota Tangsel, Ciputat.

Ryan Utama, Grup Head Kementrian Lembaga Organisasi BUMN dan Pemerintah Daerah (KLOP) pada Kedeputian Pencegahan KPK mengatakan kegiatan ini adalah workshop penyusunan panduan pembangunan budaya integritas.

“Ini sebagai kelanjutan dari workshop tunas sistem dan komite integritas yang dilakukan pada bulan Mei 2017 lalu. Kita akan menyusun panduan yang akan dilanjutkan oleh kota Tangsel,” paparnya.

Pihaknya akan mendorong menjadi panduan sebagai naskah akademik untuk dijadikan regulasi. Oleh karena itu yang hadir dalam kegiatan ini adalah eksekutif dan legislatif.

Panduan ini, menurutnya, mengungkapkan bagaimana membangun sistem integritas dan membuat skala ukuran integritas. Selain itu, semangat pembelajaran sangat penting karena hal ini membutuhkan proses dan waktu.

“Program ini adalah salah satu usaha strategi yang dilakukan KPK dalam membangun pencegahan korupsi. Oleh sebab itu, untuk mencegahnya perlu dibangun budaya integritas tinggi,” katanya.

Sementara, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan kegiatan ini merupakan kelanjutan dari tunas integritas dan ini merupakan tahap berikutnya dalam rangka pembentukan tunas integritas.

“Tunas integritas ini merupakan moto penggerak untuk memperbaiki sistem di masing-masing OPD, hasil kajian dari Kemdikbud, dari atas daya ungkitnya lebih cepat dibandingkan jika dari bawah. Semua kepala OPD termasuk camat akan membangun integritas,” jelasnya.

Kemudian, nantinya akan dibentuk sistem integritas dengan manfaat meningkatkan kinerja pemerintahan, menangkal KKN, mencegah lebih baik dan dengan ini paling tidak bisa meminimalisir resiko agar mereka berani mengatakan tidak untuk korupsi. (nad)

Komentar Anda

comments