Tangani Sakit Tenggorokan sesuai Penyebabnya

Ilustrasi sakit tenggorokan.

Palapanews.com- Sakit tenggorokan ternyata ada beragam penyebabnya. Nah, selain mengonsumsi obat-obatan, sakit tenggorokan juga bisa ditangani dengan cara tradisional lho, tapi disesuaikan berdasarkan penyebabnya.

Setiap jenis sakit tenggorokan, memiliki cara penyembuhan yang berbeda-beda. Lalu bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokan sesuai dengan penyebabnya?
Cara mengatasi sakit tenggorokan sesuai dengan penyebabnya

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Setiap sakit tenggorokan tersebut, memiliki cara penanganan yang berbeda. Berikut penjelasan lengkapnya.

Sakit tenggorokan akibat virus flu

Infeksi virus flu juga dapat menimbulkan gejala sakit tenggorokan. Untuk mengetahui jenis virus yang menginfeksi tubuh, Anda membutuhkan pemeriksaan ke dokter. Sakit tenggorokan yang parah, biasanya akan ditangani dengan pemberian obat antibiotik.

Namun, seperti dikutip dari hellosehat, ada beberapa hal yang dapat membuat sakit tenggorokan Anda membaik. Antara lain adalah:

-Minum teh dengan campuran madu dan lemon
-Menghindari makanan yang asam, seperti buah jeruk dan tomat
-Mengonsumsi obat pereda batuk
-Mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti paracetamol atau ibuprofen

Sakit tenggorokan akibat radang tenggorokan

Jika Anda mengalami radang tenggorokan, maka sudah pasti akan menimbulkan rasa nyeri pada tenggorokan. Cara mengatasi sakit tenggorokan akibat radang adalah dengan mengonsumsi obat antibiotik yang akan diberikan oleh dokter. Biasanya, rasa sakit di tenggorokan akan perlahan menghilang sekitar 24 jam setelah minum obat.

Anda juga dapat meringankan gejala dan menghilangkan bakteri di tenggorokan dengan berkumur air garam beberapa kali sehari. Cukup siapkan larutan air garam kemudian kumur-kumur sambil mendongak, agar larutannya kena tenggorokan. Kumur-kumur selama 30 detik lalu buang airnya, jangan ditelan.

Cara ini akan membantu membunuh bakteri atau zat asing yang membuat tenggorokan Anda infeksi. Jika setelah minum obat antibiotik dan berkumur dengan air garam Anda masih mengalami sakit tenggorokan, sebaiknya segera konsultasi lagi ke dokter.

Sakit tenggorokan akibat asam lambung naik

Anda punya penyakit asam lambung? Ya, asam lambung yang naik bisa menyebabkan tenggorokan terasa panas hingga meradang. Hal ini disebabkan karena asam lambung yang bersifat asam dapat melukai dinding-dinding tenggorokan. Bahkan dalam keadaan yang parah, sakit tenggorokan akibat asam lambung naik bisa juga diiringi dengan gejala demam.

Bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokan jenis ini? Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi rasa sakit dan menurunkan kadar asam lambung kembali. Jadi, pertama-tama Anda dapat meminum obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol atau ibuprofen untuk meringankan rasa sakit.

Kemudian, segera atasi asam lambung Anda yang sering naik. Usahakan untuk menghindari berbagai jenis makanan yang dapat memicu asam lambung Anda naik kembali seperti makanan yang asam dan pedas.

Sakit tenggorokan akibat merokok

Jika Anda punya kebiasaan merokok, jangan heran kalau tenggorokan Anda akan sering terasa sakit. Merokok memang punya dampak buruk untuk kesehatan secara keseluruhan. Namun dalam hal ini, zat-zat kimia yang ada di rokok dapat membuat dinding-dinding tenggorokan terluka. Bahkan dalam kasus yang parah, luka pada tenggorokan ini bisa berubah dan berkembang menjadi kanker tenggorokan.

Bagaimana mengatasinya? Tentu, hal yang pertama kali Anda harus lakukan adalah berhenti merokok. Kemudian, Anda dapat mengatasi rasa sakit yang muncul dengan minum air putih dan mengonsumsi obat pereda rasa sakit.(red)

Komentar Anda

comments