5 Kebiasaan Ini Bisa Hindari Diabetes

oleh -
Ilustrasi. (net)

Palapanews.com- Diabetes tak hanya menakuti masyarakat Indonesia, tetapi juga dunia. Penyakit ini menjadi epidemi dan penyakit strategis yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja.

Diabetes bisa berujung pada penyakit lain yang fatal atau komplikasi. Seseorang bisa mengalami sakit lebih parah seperti gagal ginjal, hingga kecacatan berupa amputasi pada kaki. Bahkan bisa mengenai saraf-saraf di bagian mata yang menyebabkan kebutaan.

“Di berbagai negara Asia dan Indonesia penderita diabetes makin mudah ditemukan pada orang-orang yang kegemukan atau obesitas karena mereka terlalu makan banyak gula, karbohidrat dan garam. Sedangkann proteinnya kurang,” kata Pakar Kesehatan dan Ahli Gizi Amerika Serikat dari Herbalife Nutrition, Dr. John Agwunobi, seperti dikutip jpnn.com.

John juga menyesalkan kurangnya kebiasaan berolahraga pada masyarakat juga bisa menjadi penyebab keseluruhan. John menyebutkan ada lima cara sederhana yang bisa dilakukan sendiri untuk terhindar dari diabetes.

Pentingnya Menua Secara Sehat
Sayangi tubuh sejak usia 20-30an sehingga akan menua lebih sehat. Baik sehat mental maupun sehat fisik. Salah satunya juga terhindar dari penyakit diabetes.

Bisa stimulasi tubuh dengan main catur, puzzle, untuk meningkatkan kesehatan mental. Lakukan kegiatan fisik, nutrisi sehat, dan mental aktif. Bonusnya hidup bisa lebih pannjang.

Batasi Makanan dan Minuman Manis
Gula, permen, makanan manis, soda sangat menyumbang dampak buruk bagi gula darah. Tak harus benar-benar berhenti konsumsi tetapi menguranginya.

Sayuran Hijau dan Buah
Sayuran hijau setiap hari dapat meningkatkan kebutuhan vitamin dan mineral bagi tubuh. Selain itu kaya serat untuk membuat tubuh lebih sehat.

Jalan Kaki
Jika tak sempat olahraga, bisa melakukan jalan kaki setiap hari. Bukan jalan kaki perlahan, tetapi jalan kaki cepat selama 15 menit atau 30 menit setiap hari.

Kurangi Lemak
Batasi makan-makanan berlemak seperti tinggi lemak pada makan-makanan gorengan atau berminyak. Selain itu makan-makanan junk food juga mengandung garam yang tinggi.(red)

Komentar Anda

comments