Bantu Rohingya, Madrasah Se-Banten Sumbang Rp 630 Juta Via BAZNAS

Palapanews.com Madrasah se-Provinsi Banten unjuk kepedulian sosial dengan menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya. Mereka menyalurkan donasi yang terhimpun sebesar Rp 630.454.300 itu, melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

“Ini luar biasa, patut kita apresiasi dan dijadikan teladan. Hanya dalam satu minggu bisa terkumpul dana Rp 630.454.300,” ujar anggota BAZNAS, Emmy Hamidiyah di sela-sela penyerahan bantuan kemanusiaan Madrasah Peduli Rohingya dari RA, MI, MTs, MA, di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten, Senin (09/10).

Acara yang dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Banten, Mahfudin, Emmy menjelaskan, BAZNAS sangat aktif dan telah lebih dahulu memberikan bantuan ke Rohingya.

“Saat Ramadhan, BAZNAS telah mengirimkan tim dan sumbangan kemanusiaan melalui BAZNAS Tanggap Bencana (BTB). Pada Rapat Koordinasi Zakat Nasional (Rakornas) 2017 pekan lalu yang digelar di Ancol, Jakarta Utara, terkumpul bantuan yang sama Rp 3,5 miliar, dengan rincian Rp 2 miliar dari BAZNAS pusat dan Rp 1,5 miliar dari BAZNAS provinsi dan BAZNAS kabupaten/kota,” kata Emmy seraya menambahkan, BAZNAS aktif dalam penggalangan aksi-aksi kepedulian dan solidaritas kemanusiaan kepada dunia seperti Program Peduli Gaza, Palestina dan sebagainya.

Menurut dia, kepedulian siswa terhadap para pengungsi etnis Rohingya ini, menunjukkan bahwa madrasah telah sukses menumbuhkan kesadaran anak-anak untuk taat agama, berjiwa sosial dan memiliki perhatian pada masalah-masalah kemanusiaan.

“Semoga kegemaran berinfak para siswa madrasah ini, menjadi gaya hidup sampai mereka dewasa nanti,” kata Emmy.

Kepala Bidang  Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian  Agama Provinsi Banten, Mahfudin memaparkan, terdapat 69 madrasah se-Provinsi Banten yang ikut berkontribusi dalam penggalangan dana kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya.

Sebelumnya, pada penutupan Rakornas 2017, Ketua BAZNAS Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA, CA, mengapresiasi dana bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya dari BAZNAS provinsi dan kabupaten/kota yang terkumpul Rp 1,5 miliar. Kemudian Rp 2 miliar dari BAZNAS pusat sehingga total bantuan mencapai Rp 3,5 miliar.

“Donasi ini akan disalurkan oleh tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) untuk para pengungsi Rohingya di Myanmar dan perbatasan Bangladesh. Mereka akan berangkat dalam waktu dekat,” ucap mantan Menteri Keuangan dan eks Menteri Pendidikan Nasional ini. (ydh)

Komentar Anda

comments