Pemkot Depok Fokus Tambah Ruang Terbuka Hijau

Ilustrasi.

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) fokus menambah ruang terbuka hijau (RTH). Rencananya pembangunan dilakukan dua tahap yaitu pada awal bulan Mei 2018 dan tahap kedua pada tahun 2019.

Untuk tahap pertama, Dinas Perumahan dan Pemukiman menggelontorkan anggaran Rp30 miliar. Lokasi pembangunan RTH ini berada di Kecamatan Cilodong dengan luas total 3,2 hektar.

“RTH akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Untuk fasilitas outdoor, antara lain fasilitas olah raga, fasilitas seni dan budaya, taman  bermain anak, fasilitas khusus difabel dan parkir khusus wanita (ladies parking),” kata Kepala Bidang Tata Ruang pada Disrumkim Kota Depok, Dadan Rustandi.

Sedangkan untuk fasilitas indoor, nantinya akan disediakan ruang laktasi, pojok bermain anak, dan toilet pria dan wanita. Selain itu, akan disediakan juga area food court bagi UMKM.

“Intinya, alun-alun ini harus memuat semua program Kota Depok, menggambarkan citra Kota Depok serta merepresentasikan Kota Depok,” jelasnya.

Pembangunan RTH ini, diakuinya akan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain. Selain itu, ada juga instansi diluar Pemkot Depok, seperti Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia (IALI) Provinsi Jabar, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Provinsi Jabar dan Departemen Arsitektur Universitas Indonesia.

“Kami melibatkan masyarakat Kota Depok di mana Pemerintah Kota Depok akan membuka sayembara desain alun-alun yang ditujukan untuk umum,” tandasnya.(red)

Sumber: depok.go.id

Komentar Anda

comments