Sosialisasi Germais, Yayasan Pendidikan Jaya Bakar 15.000 Ikan

Suasana kegiatan Germais yang digelar Yayasan Pendidikan Jaya.

Palapanews.com- Sekolah Pembangunan Jaya (SPJ) Bintaro Jaya kembali mengadakan aksi sosial Gerakan Makan Ikan Sehat (Germais) di area Car Free Day Bintaro Jaya, Minggu (17/9/2017) kemarin.

Sebanyak 15.000 ikan secara bersamaan dibakar oleh 1700 siswa dari Yayasan Pendidikan Jaya, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, dan PB Jaya Raya. Sebagai program entrepreneurship, mereka melakukan garage sale untuk pengumpulan modal sebelum kegiatan, masyarakat juga bisa menukarkan uang senilai Rp2000 untuk mendapatkan satu kupon atau mendonasikan buku.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Pendidikan Jaya Tony Soehartono, Judianto sebagai perwakilan dari Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangsel, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Tangsel Nur Slamet dan beberapa jajaran terkait.

Ketua Yayasan Pendidikan Jaya, Tony Soehartono mengatakan awalnya ini hanya sebagai kegiatan internal. Kemudian diperluas dengan melakukan aksi sosial yang melibatkan sekolah lain dan beberapa dinas yang ada di Kota Tangsel.

“Sebagian ikan kami beli langsung ke peternak ikan melalui arahan dari DKPPP Kota Tangsel dan sisanya dari tiap siswa yang membawa 1 kg ikan. Selain itu, sebagai aksi sosial, kami juga memberikan santunan kepada yayasan yang membutuhkan,” katanya dalam sambutan.

Ia berharap, adanya Germais dapat menular ke sekolah danmasyarakat lainnya. Karena mengonsumsi ikan adalah yang terbaik, kandungan protein yang sangat tinggi dinilai dapatmencerdaskan anak bangsa.

Kepala DKPPP Kota Tangsel, Nur Slamet menambahkan, ribuan ikan yang didapat ini berasal dari peternak ikan di Tangsel, seperti ikan bawal, gurame, nila dan berbagai jenis ikan sungai lainnya.

“Dengan Germais tentunya sekaligus dapat mengedukasi masyarakat luas untuk mengonsumsi ikan mulai dari diri sendiri sebagai alternatif asupan gizi yang lebih baik,” paparnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangsel, Judianto memberikan apresiasi adanya Germais karena banyak program yang ditumbuhkan kepada para siswa, seperti entrepreneurship. Belum lagi program pemerintah untuk menggalakan makan ikan.

“Kedepan kami ingin menggandeng Germais menjadi event rutin di setiap tahunnya,” imbuh Judianto.(nad)

Komentar Anda

comments