Real Estate Indonesia Dukung Konsep Smart City

Ilustrasi Smart City.

Palapanews.com- Pengembangan kota pintar atau smart city terus dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia. Asosiasi pengembang Real Estate Indonesia pun mendukung pengembangan kota pintar di masa depan.

“Salah satu tolak ukur keberhasilan pembangunan di Indonesia adalah hadirnya kota masa depan yang maju dan berdaya saing. Hal ini juga selaras dengan apa yang dicanangkan Pemerintah mengenai pembangunan kota masa depan (future city),” kata Ketua Umum DPP REI, Soelaeman Soemawinata saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) REI di ICE BSD City, belum lama ini.

Menurutnya, pemerintah pusat berencana membangun kota-kota baru di luar Jawa, di antaranya ada 10 kota baru, kawasan ekonomi khusus (KEK), 14 kawasan industri dan destinasi  pariwisata prioritas.

“REI menyatakan kesiapannya untuk membantu pemerintah membangun kota baru dan menciptakan sistem kota masa depan yang efisien dan liveable,” ucapnya.

Selain itu, Eman -sapaan Soelaeman Soemawinata- berharap melalui Rakernas yang dilaborasikan dengan Indonesia Future City (IFC) diharapkan lebih meningkatkan peran sektor swasta properti dalam mempercepat dan mensukseskan Program Sejuta Rumah (PSR) untuk rakyat yang merupakan program strategis pemerintah.

Kemudian, ungkap Eman, event ini dimaksudkan untuk memacu pertumbuhan industri properti sebagai salah satu tulang punggung perekonomian nasional yang menciptakan banyak lapangan kerja.

“Sektor swasta harus berperan lebih luas dalam membangun sentra-sentra pertumbuhan ekonomi di luar Jawa, seperti pembangunan kota baru, kawasan wisata, kawasan industri, dalam rangka redistribusi (penyebaran dan pemerataan) pertumbuhan ekonomi di seluruh Indonesia,” tandas Eman.(one)

Komentar Anda

comments