Ini Pemicu Kedutan Pada Mata

oleh -

Palapanews.com- Mungkin setiap orang pernah merasakan kedutan pada mata. Meski bukan merupakan gejala penyakit dan tak perlu dikhawatirkan, kedutan mata ini cukup mengganggu.

Donny Suh, MD, professor Truhlsen Eye Institute dari University of Nebraska Medical Center mengatakan bahwa kedutan mata mungkin mengganggu namun biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan bahkan sangat jarang mengindikasikan adanya masalah mata. Seringkali, ini hanya stimulasi berlebih pada otot mata.

Penyebab mata kedutan
Ada beberapa penyebab kedutan mata dan paling banyak dipicu oleh stres dan kurang tidur. Terlalu banyak konsumsi kafein, minuman beralkohol, dan nikotin juga berpotensi menimbulkan mata kedutan.

Kedutan juga bisa dipicu karena mata kering dan efek obat-obatan seperti antihistamin, antidepresi, dan obat decongestan. Untuk kasus yang serius, mata kedutan bisa jadi tanda glaukoma, blepharitis (pembengkakan kelopak mata), uveitis dan abrasi kornea.

Kapan perlu periksa ke dokter?
Biasanya kedutan tidak berlangsung lama. Tapi jika kamu mengalami kedutan lebih dari beberapa minggu, mata kabur atau penglihatan dobel, atau adanya kontraksi di bagian wajah lain selain kelopak mata, Dr. Donny Suh menyarankan untuk memeriksakan diri. Karena bisa jadi ini adalah gejala awal Bell’s palsy, multiple sclerosis, dan sindrom Tourette.

Cara menghentikan dan mengatasi mata kedutan
Jika penyebabnya adalah stres atau kelelahan, cara terbaik adalah istirahat cukup. Lakukan meditasi atau relaksasi untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Kurangi konsumsi kopi, alkohol dan rokok. Kurangi juga melihat layar elektronik seperti smartphone, komputer, laptop dan lainnya karena mudah sekali membuat mata kering. Sesekali pejamkan mata dan melihat benda jauh. Cara ini bisa mengembalikan fokus mata dan meringankan mata lelah.

Jadi, selama kedutan tidak berlangsung lama dan kamu bisa mengurangi pemicunya, kedutan bisa diatasi dengan baik dan tidak perlu dikhawatirkan. (red)

Sumber: vemale.com

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.