Arief Usulkan Penambahan Akses ke Merak melalui Pintu Tol Alam Sutera

Palapanews.com- Guna mengurai kemacetan di Jalan MH Thamrin Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengusulkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) untuk menambah akses tol dari dan menuju Merak di Pintu Tol Alam Sutera.

Usulan tersebut disampaikan langsung oleh Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah kepada Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto yang berkunjung ke kantor Wali Kota di Jalan. Satria Sudirman No. 1, Kamis (6/04).

“Ruas Jalan MH. Thamrin adalah jalan kolektor primer yang merupakan Jalan Provinsi, dan merupakan jalur arteri yang menghubungkan Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang dan DKI Jakarta. Sehingga kemacetan yang terjadi di ruas jalan ini bukan hanya akan mempengaruhi kinerja jaringan jalan kolektor primer tetapi juga sistem jaringan jalan arteri dan kolektor sekunder yang berada di wilayah Kota Tangerang,” paparnya.

Orang nomor satu di Kota Tangerang ini menerangkan, kemacetan dipreksdisikan akan semakin parah terjadi jika pengalihan titik pembayaran jalan tol yang semula di pintu tol Karang Tengah dialihkan ke pintu tol lain.

Untuk itu, Walikota berharap Kementerian PU PR bisa menambah akses jalan Tol Jakarta-Merak sehingga tidak terkonsentrasi di ruas Jalan MH. Thamrin.

“Adapun salah satu lokasi yang bisa dipertimbangkan untuk ditambah adalah akses masuk/keluar ke arah Tol Jakarta-Merak di kawasan Alam Sutera,” ujarnya.

Selain itu, Walikota juga mengusulkan agar pemerintah pusat juga bisa melakukan pelebaran akses masuk pintu Tol Jakarta-Merak di Pintu Tol Kebun Nanas.

“Kami juga memohon agar shelter yang ada di lokasi jembatan penyeberangan Kebun Nanas untuk bisa dipindah ke depan lahan atau jalan di depan Masjid Shirothol Mustaqiem Kebun Nanas,” ucapnya.

“Adanya pemindahan shelter ini diharapkan dapat memperlancar akses masuk dan keluar Jalan Tol di area Kebun Nanas,” sambungnya.

Arief menambahkan, selanjutnya bus yang akan menuju ke jalan tol dari arah Kota Tangerang bisa memanfaatkan terowongan Jembatan Kebun Nanas untuk berbalik arah. (ydh)

Komentar Anda

comments