Pemprov Banten bersama Pemkot Tangerang Jajaki Kerjasama Pembangunan LRT

Palapanews.com- Pemerintah Provinsi (Provinsi)Banten melalui Dinas Perhubungan melakukan koordinasi dengan Pemkot Tangerang untuk menjajaki kerjasama pembangunan Light Rail Transit (LRT) yang menghubungkan Kota Tangerang dengan Kota Tangerang Selatan.

Hal tersebut seiring dengan kunjungan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Ir. Revri Aroes, MM yang didampingi oleh Direktur PT. Banten Metro Transit Indonesia Thomas beserta Direktur Utama PT. Industri Kereta Api (INKA) Agus Purnomo, ke Kantor Wali Kota Tangerang, Kamis (30/03).

Walikota yang menerima langsung kunjungan tersebut menyampaikan ketertarikannya untuk segera merealisasikan pembangunan LRT yang telah lama Pemkot rencanakan.

“Saat ini kita memang lagi konsen untuk membenahi persoalan kemacetan di Kota Tangerang, dan penyelesaian persoalan kemacetan tersebut tentunya juga harus diselesaikan secara bersama-sama dengan daerah lain yang berbatasan langsung dengan Kota Tangerang, baik itu Jakarta, Kabupaten Tangerang maupun Tangerang Selatan,” terangnya.

“Kebetulan kami juga telah lama ingin mengurangi ketergantungan penggunaan kendaraan pribadi dengan menyediakan transportasi massal yang representatif,” sambungnya.

Dikatakan Walikota, investasi di bidang transportasi yang mahal pihaknya saat ini hanya mengoptimalkan BRT yang di tahun 2017 ini baru ada satu koridor yaitu Poris Plawad-Jatiuwung.

Untuk itu, Walikota meminta kepada PT. Banten Metro Transit Indonesia selaku pelaksana pembangunan untuk bisa melibatkan para pengembang dalam hal pembangunan infrastrukturnya, selain dapan mengurangi ongkos investasi hal tersebut diharapkan juga akan lebih mengefektifkan operasional LRT.

“Makanya trasenya mungkin nanti bisa disesuaikan dengan kondisi di lapangan, karena beberapa waktu lalu saya pernah ngobrol dengan pengembang seperti Alam Sutera mereka siap untuk berkolaborasi,” ujarnya.

Jika jadi dibangun LRT yang menghubungkan Kota Tangerang dengan Kota Tangerang Selatan tepatnya dari Stasiun Rawa Buntu menuju Stasiun Batuceper akan terintegrasi dengan moda transportasi lain seperti Kereta Bandara, KRL, BRT dan juga MRT yang saat ini sedang dibangun. Dengan panjang sekitar 22,3 KM LRT itu nantinya bisa diakses dengan harga tiket terdekat Rp 4000 dan terjauh Rp 10500.

“Makanya kalau bisa segera dieksekusi biar tidak jadi wacana lagi,” tegas Walikota.

Sementara itu, Dirut PT. Banten Metro Transit Indonesia, Thomas menjelaskan bahwa untuk pembangunannya pihaknya telah membentuk konsorsium yang salah satu anggotanya adalah PT. INKA. Dan dirinya juga menjelaskan bahwa untuk pembiayaannya murni bersumber dari perusahaan swasta.

“Pra FS sudah ada sejak tahun 2014. Dan sekarang FSnya sudah ada,” jelasnya.

“Kalau ijin sudah keluar, lahan ready dua tahun selesai, dari INKA sendiri untuk pengadaan keretanya menyanggupi 18 bulan,” tandasnya. (adv)

Komentar Anda

comments