Tangsel Siap-siap Ubah Status Puskesmas Jadi BLUD

Airin Rachmi Diany di acara sosialisasi persiapan perubahan Puskesmas menjadi BLUD. (ist)

Palapanews.com- Pemerintah Kota Tangerang Selatan tengah melakukan persiapan perubahan status puskesmas menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Terkait itu Dinas Kesehatan Kota Tangsel menggelar Sosialisasi Langkah–Langkah Pembentukan Puskesmas BLUD di salah satu hotel kawasan BSD City, Jumat (31/03/2017).

Diakui kegiatan tersebut merupakan langkah awal pemerintah daerah dalam mempersiapkan perubahan pengelolaan puskesmas menjadi BLUD sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Listya Windyarti menjelaskan, puskesmas disiapkan menjadi BLUD dalam rangka memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat dengan prinsip efisiensi dan produktivitas tanpa mengutamakan keuntungan.

“Perubahan puskesmas menjadi BLUD bisa menunjang pelaksanaan pengelolaan keuangan, sehingga dapat semakin berkembang seiring dengan meningkatnya pelayanan kepada masyarakat,” katanya yakin.

Menurut Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, perubahan status menjadi BLUD ini, juga dapat mengatasi kesulitan pembiayaan operasional puskesmas yang biasanya harus menunggu pencairan dana dari kas daerah.

Dengan perubahan status Puskesmas menjadi BLUD, diharapkan pelayanan kesehatan publik yang diberikan dapat mewujudkan kepuasan publik dan tidak kalah dengan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Unit Pelayanan Kesehatan dari swasta. (rls/bd)

Komentar Anda

comments