Gerakan Tanpa Sampah RW Caping Wajib ditiru Warga Tangsel

Pengelolaan sampah oleh RW GAUL di Bintaro.

Palapanews.com- Warga RW 08 Camar-Pinguin (Caping) Sektor 3, Bintaro Jaya, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sangat antusias dalam memerangi sampah di lingkungannya. Hal ini terlihat dari kebersihan lingkungan dan kebiasaan kehidupan sehari-hari untuk meminimalisir adanya sampah di dalam rumah mereka.

Kepedulian yang dimulai dari diri sendiri, seperti kekompakan ibu-ibu saat berbelanja untuk membawa wadah sebagai tempat pengganti plastik, memilah sampah organik dan non organik untuk dijadikan kompos. Ini dimulai dari keluarga sebagai lingkungan terkecil, kemudian mengajarkan anak-anak sejak dini untuk peduli terhadap lingkungan.

“Dulu saya pikir begitu sampah saya buang masalah selesai. Ternyata tidak, justru malah menimbulkan masalah baru  untuk orang lain,” ujar Novita Sari, salah satu warga RW 08 Caping saat Festival Caping Tanpa Sampah, Sabtu (25/2/2017) kemarin.

Oleh sebab itu, warga disini mulai berkomitmen untuk mengurangi, memilah, mengelola sampah sedemikian rupa untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat di masa depan.

Staff Ahli Pembangunan dan Keuangan Kota Tangsel, Dedi Budiawan mengatakan terinsiprasi dengan adanya kegiatan seperti ini. Jika semua warga bisa berpikir seperti ini, tentunya tidak akan ada banyak sampah di Kota Tangsel.

“Saya ingin hal seperti ini ditiru oleh seluruh masyarakat luas, khususnya warga Tangsel. Sebagai pemerintah kota, tentunya juga ingin merubah pola pikir masyarakat dengan program-program yang buat bagus seperti program Juru Pemantau Jentik (jumatik) yang digagas oleh Dinas Kesehatan Kota Tangsel,” jelas Dedi.

Sementara untuk mendukung program peduli lingkungan, bertajuk RW Giant Aksi Untuk Lingkungan (GAUL), PT Hero Supermarket Tbk berkomitmen bersama menuju RW Tangerang Selatan Tanpa Sampah di RW 08 Caping. (nad)

Komentar Anda

comments