Klinik Gagal Jantung Ada di Siloam Hospitals Lippo Village Karawaci

Palapanews.com – Siloam Hospitals Lippo Village Karawaci, Tangerang meresmikan klinik baru ”Heart Failure Clinic” yang khusus untuk penanganan pasien penyakit gagal jantung secara terpadu, Selasa (14/02/2017).

Klinik khusus yang pertama ada di Banten ini, diresmikan pembukaannya oleh Dr. Mochtar Riady selaku Chairman dan Founder Lippo Group bersama dr. Anastina Tahjoo, MARS, Chief Executive Officer Siloam Hospitals Lippo Village dan Cardiologist, Dr. dr. Antonia Anna Lukito, serta Ken K. Sarosa, Cardio Metabolic & Heart Failure Franchise Head PT Novartis Indonesia. Mereka secara serentak menekan tombol untuk menyalakan lampu sebagai tanda peresmian bertempat di  Auditorium Siloam Hospitals Lippo Village Karawaci.

Diungkapkan dr. Anastina, seringkali penderita gagal jantung dan keluarga setelah konsultasi rawat jalan maupun pascarawat inap, tidak sepenuhnya memahami konsekuensi gagal jantung serta bagaimana sebaiknya pengaturan makanan di rumah. Juga tentang olahraga apa yang dilarang atau diperbolehkan serta bingung dengan fungsi maupun cara konsumsi obat-obatan yang telah diberikan.

“Klinik ini, hadir untuk menekan angka kesakitan dan kematian akibat gagal jantung yang saat ini meningkat, khususnya di wilayah Jakarta dan Banten,”  katanya.

Tujuan kehadiran Siloam Heart Failure Clinic ini, juga untuk membantu mengajarkan kepada pasien tentang kondisi gagal jantung dan perbaikan yang dapat diperoleh melalui diet, olahraga dan obat-obatan serta membantu belajar cara hidup tetap berkualitas dengan gagal jantung.

“Harapan kami melalui pembukaan klinik ini, maka informasi mengenai penanganan kasus gagal jantung bisa disampaikan dengan benar sekaligus membuka wawasan pasien mengenai gagal jantung yang tidak boleh dibiarkan serta menyadarkan bahwa penderita gagal jantung tidak merasa sendirian,” papar Anastina.

Menurut Anastina, perawatan pasien dengan kondisi gagal jantung perlu ditangani tim terpadu, terintegrasi dan terlatih. Siloam Heart Failure Clinic hadir untuk memberikan panduan apa yang harus dilakukan setelah terdeteksi memiliki gagal jantung. “Pasien juga akan mendapatkan buku serta video sebagai panduan,” katanya lagi.

Beberapa informasi penting yang akan selalu disosialisasikan melalui klinik ini, di antaranya penyakit gagal jantung, apa saja tanda atau gejalanya, apakah bisa disembuhkan, dan apa kelebihan serta manfaat klinik ini.

Dokter Antonia Anna Lukito, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Siloam Lippo Village menambahkan, Heart Failure Clinic merupakan klinik proaktif dengan pendekatan tim multidisiplin untuk pencegahan dan pengobatan komprehensif gagal jantung.

“Klinik ini dilengkapi dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, spesialis rehab medik, spesialis gizi klinis, farmasi klinik, psikolog, tenaga paramedis terlatih serta koordinator klinik dan educator,” jelasnya.

Lebih jauh Antonia mengutarakan, dengan pengobatan yang komprehensif dapat membantu pasien merasa lebih baik. Pasien tidak memerlukan perawatan inap yang lama dan sering tinggal di rumah sakit. Kemudian juga dapat meningkatan kualitas hidup dan memiliki harapan hidup lebih baik. Pasien juga dapat mengontrol gagal jantung dengan memahami rekomendasi pengobatannya.

“Klinik ini akan membantu pasien untuk hidup lebih nyaman dan berkualitas meski menderita gagal jantung. Selain itu, menurunkan frekuensi rawat inap berulang dan menurunkan lama rawat inap,” paparnya. (bd)

Komentar Anda

comments